Informasi Kesehatan dan Kecantikan Populer

Manfaat Vitamin E Bagi Tubuh

Rabu, 02 Juli 2014

Manfaat Vitamin E Bagi Tubuh

Selain sangat berguna bagi perawatan kecantikan, manfaat dan khasiat vitamin E untuk kesehatan tubuh juga tidak bisa dianggap remeh. Lihat informasi selengkapnya dibawah ini!

Vitamin E, biasa disingkat vit E adalah antioksidan larut lemak yang merupakan kunci dari sistem kekebalan tubuh yang kuat, selain sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit dan mata. Dalam beberapa tahun terakhir, vitamin yang memiliki nama generik tokoferol/tocopherol ini sangat populer dalam bentuk suplemen vitamin E.

Lalu seperti apa sebenarnya manfaat vitamin E itu? Apakah benar vitamin ini memiliki kegunaan yang beragam mulai dari melindungi sel dari kerusakan, melindungi tubuh dari polusi udara, mencegah katarak, mengatasi sindrom premenstruasi, mencegah alzheimer, hingga mengatasi diabetes? Inilah yang akan Manfaat Untuk bahas dalam artikel kali ini.

manfaat vitamin E untuk kesehatan dan kecantikan

Dalam beberapa artikel kesehatan yang saya baca, fungsi vitamin E atau efek dari mengkonsumsi suplemen vitamin E hanya akan dirasakan oleh mereka yang memang memiliki asupan vitamin E yang rendah (kekurangan vitamin E). Walaupun sangat jarang terjadi, namun kekurangan asupan vitamin E dimungkinkan pada mereka yang memiliki masalah pencernaan dan cystic fibrosis. Juga bisa dialami oleh orang-orang yang menjalankan pola diet yang mengkonsumsi lemak sangat-sangat sedikit.

Sumber Vitamin E

Mengkonsumsi suplemen vitamin E sebenarnya tidak terlalu kita butuhkan. Para pakar menjelaskan bahwa kandungan vitamin E yang terdapat dalam makanan yang kita makan sehari-hari sudahlah mencukupi kebutuhan tubuh manusia. Makanan yang mengandung vitamin E, antara lain:
  • Minyak nabati
  • Sayuran berdaun hijau
  • Sereal
  • Telur
  • Kacang-kacangan, dan banyak makanan lainnya

Kebutuhan Vitamin E Pada Tubuh Manusia

Jika mengacu pada hasil penelitian, sebenarnya tubuh kita tidak terlalu banyak membutuhkan vitamin E. Berikut ini adalah rekomendasi yang disarankan untuk asupan vitamin E sehari-hari:

Anak-Anak
  • Usia 1 tahun - 3 tahun adalah sekitar 6 mg / hari (9 IU)
  • Usia 4 tahun - 8 tahun adalah sekitar  7 mg / hari (10,4 IU)
  • Usia 9 tahun - 13 tahun adalah sekitar 11 mg / hari (16,4 IU)
Wanita
  • Usia 14 tahun ke atas adalah sekitar 15 mg / hari (22,4 IU)
  • Ibu hamil membutuhkan sekitar 15 mg / hari (22,4 IU)
  • Ibu menyusui membutuhkan sekitar 19 mg / hari (28,5 IU)
Pria
  • Usia 14 tahun ke atas adalah sekitar 15 mg / hari (22,4 IU)
Dan berikut ini adalah tingkat asupan vitamin E tertinggi yang dapat ditoleransi oleh tubuh kita. Jika bukan atas petunjuk dokter karena untuk mengatasi kekurangan vitamin E, maka jangan pernah mengkonsumsi vitamin E (termasuk dalam bentuk suplemen) lebih tinggi dari:
  • Usia 1 tahun - 3 tahun tidak boleh lebih dari 200 mg / hari (300 IU)
  • Usia 4 tahun - 8 tahun tidak boleh lebih dari 300 mg / hari (450 IU)
  • Usia 9 tahun - 13 tahun tidak boleh lebih dari  600 mg / hari (900 IU)
  • Usia 14 tahun - 18 tahun tidak boleh lebih dari 800 mg / hari (1.200 IU)
  • Usia 19 tahun ke atas tidak boleh lebih dari 1.000 mg / hari (1.500 IU)

Khasiat Dan Efek Samping Vitamin E

Manfaat Vitamin E Untuk Kulit

Diantara berbagai fungsi dan kegunaan vitamin yang sudah sempat disinggung diatas, manfaatnya bagi kecantikan dan perawatan kulit mungkin adalah yang paling menonjol. Selain meningkatkan sirkulasi darah ke kulit yang membuat kebutuhan kulit akan nutrisi dan oksigen terpenuhi, vitamin E juga membantu mengatasi kelelahan dan memperkuat dinding pembuluh kapiler.

Selain dari dalam, vitamin E juga dapat merawat kulit dari luar. Minyak vitamin E murni mudah diserap oleh lapisan epidermis kulit. Fungsi dari minyak vitamin E juga sangat beragam, mulai dari melindungi atau mengobati kulit dari sengatan matahari, mengobati luka dan jerawat (termasuk bekas jerawat), hingga menunda munculnya keriput karena mempercepat regenerasi sel.

Vitamin E adalah bahan yang umum pada berbagai krim anti-penuaan. Selain itu, karena dapat mempertahankan kadar air alami pada kulit, minyak vitamin E juga efektif untuk membuat kulit yang kering dan kusam menjadi segar dan terlihat lebih sehat.

Resiko Mengkonsumsi Suplemen Vitamin E

Hingga saat ini belum terlalu banyak informasi yang bisa dijadikan patokan pasti mengenai kerugian dari mengkonsumsi vitamin E. Namun konsumsi jangka panjang secara rutin (lebih dari 10 tahun) diketahui dapat meningkatkan resiko stroke. Berikut beberapa hasil penelitian atau studi yang pernah dilakukan:
  • Analisa dari uji klinis menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi vitamin E 400 IU (alami maupun sintetis)/ hari, atau lebih tinggi dari itu, memiliki resiko kematian yang lebih tinggi (dengan berbagai penyebab). Penelitian kardiovaskular juga menunjukkan bahwa pasien penderita diabetes atau penyakit kardiovaskular yang mengkonsumsi vitamin E 400 IU alami /hari mengalami peningkatan resiko terkena gagal jantung.
  • Sebuah studi menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi suplemen vitamin E selama 8 minggu pertama kehamilan mengalami peningkatan 1,7 sampai 9 kali lipat terkena cacat jantung bawaan. Karena itu, minum suplemen vitamin E mungkin berbahaya bila dilakukan pada awal kehamilan. Jumlah yang terdapat dalam makanan yang kaya vitamin E dirasa sudah cukup memadai.
  • Penelitian lain yang melibatkan populasi lebih luas juga mendapatkan bahwa para pria yang rutin mengkonsumsi multivitamin (termasuk vitamin E) lebih dari 7 kali /minggu, mengalami peningkatan resiko yang lebih signifikan untuk terkena kanker prostat.
Tanda-tanda atau gejala orang yang kelebihan vitamin E diketahui mulai dari mual, sakit kepala, mengalami pendarahan, rasa kelelahan, dan beberapa gejala ringan lainnya. Hal ini biasanya berujung pada gagal ginjal pada kebanyakan orang.

Berdasarkan apa yang disampaikan oleh The American Heart Association, mereka merekomendasikan untuk mencukupi kebutuhan antioksidan (termasuk vitamin E) dengan makan makanan yang tinggi kandungan antioksidan.

Ada bermacam-macam buah yang mengandung vitamin E, begitupula dengan sayuran dan biji-bijian. Suplemen adalah pilihan terakhir, dan itu juga harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Semoga penjabaran mengenai manfaat vitamin E bagi tubuh ini bisa memberikan pemahaman yang lebih bagi anda!

1 komentar:

Selain minum asupan vitamin E,sekarang ada juga cream zaitun plus Vitamin E juga ditambah dengan susu kambing,pegagan,minyak bulus,green tea juga ada,jadi selain dr dalam juga bisa dirawat dr luar,

Reply