Informasi Kesehatan dan Kecantikan Populer

Manfaat Vitamin C Untuk Kecantikan

Kamis, 03 Juli 2014

Manfaat Vitamin C Untuk Kecantikan

Menjadi suatu keharusan karena fungsi dan manfaat vitamin C bagi kecantikan kulit serta keindahan rambut adalah tidak terbantahkan.

Sebelumnya Manfaat Untuk telah menjelaskan secara umum dan lengkap mengenai manfaat dan kegunaan vitamin C yang sangat vital pada artikel utama (lihat Manfaat Vitamin C Bagi Tubuh). Dan pembahasan yang lebih detail kali ini adalah mengenai khasiat vitamin C yang khusus untuk perawatan kecantikan.

Anda tentu sudah paham jika vitamin ini tidak dapat dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Bagi mereka yang ingin tetap terlihat ‘cantik’, maka konsumsi vitamin C yang memadai adalah sebuah keharusan setiap harinya. Dan berbicara mengenai hubungan antara vitamin C dan kecantikan, maka kita dapat membaginya menjadi 2 bagian, yaitu untuk perawatan kulit dan perawatan rambut.

segala khasiat dan manfaat vitamin c bagi kecantikan

Manfaat Vitamin C Untuk Kulit

Melindungi Kulit Dari Bahaya Sinar Matahari

Vitamin C akan melindungi kulit anda dari radikal bebas yang terbentuk akibat paparan sinar matahari berlebih, polusi, dan kebiasaan merokok. Antioksidan dalam vitamin C melindungi kulit dari radiasi ultraviolet pada sinar matahari yang menyebabkan luka bakar, sekaligus mencegah berkembangnya kanker kulit.

Membantu Produksi Kolagen

Vitamin C adalah komponen yang penting dalam produksi hidroksiprolin dan hidroksilisin, 2 buah senyawa yang dibutuhkan untuk mengikat molekul yang memproduksi kolagen. Fungsi kolagen sendiri adalah untuk meremajakan kulit dari akar, mengencangkan kulit, dan menunda terjadinya keriput serta gejala penuaan. Jika anda pernah menanyakan tentang manfaat suntik vitamin C dan kolagen, maka tadi itu adalah beberapa manfaatnya.

Membantu Penyembuhan Luka

Tubuh menggunakan vitamin C untuk memperbaiki kerusakan pada jaringan tubuh dan membantu proses penyembuhan luka menjadi lebih cepat.

Melindungi Terhadap Perubahan Warna Kulit

Vitamin C melindungi DNA dari reaksi fotokimia yang dapat menyebabkan tumor, perubahan warna kulit, dan beberapa jenis kanker kulit. Vitamin ini juga menghambat produksi pirimidin dimer yang merupakan penyebab utama melanoma pada manusia.

Selain itu, vitamin C dapat membantu mencerahkan warna gelap pada kulit, menyamarkan bintik-bintik hitam (termasuk karena usia), dan membuat kulit terlihat lebih halus dan lebih muda. Ini juga salah satu manfaat suntik vitamin C lainnya.

Meningkatkan Tekstur Kulit

Kolagen juga menyediakan struktur untuk pembuluh darah. Pembuluh darah kecil di bawah kulit membawa oksigen dan nutrisi yang menjaga kulit tetap sehat. Tanpa nutrisi yang cukup, kulit akan menjadi kasar dan kering.

Manfaat serum vitamin C adalah untuk meningkatkan penampilan dan tekstur kulit. Ini meningkatkan formasi elastin menjadi lebih tebal, dimana efeknya adalah untuk membantu mempertahankan kelembaban, meningkatkan sirkulasi kulit, dan menaikkan permukaan kulit.

Lihat juga buah yang baik untuk kecantikan kulit:

Manfaat Vitamin C Untuk Rambut

Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Asupan vitamin C yang rendah adalah penyebab sejumlah masalah rambut yang erat kaitannya dengan pertumbuhan rambut kita. Secara umum kekurangan vitamin C akan menyebabkan rambut menjadi kering dan bercabang. Kondisi ini diperparah dengan radikal bebas yang dihasilkan oleh tubuh kita melalui proses metabolisme, yang membuat rambut menjadi tipis, lemah, dan rapuh. Dan karena vitamin C adalah antioksidan, maka pembentukan radikal bebas dapat dikurangi dan efeknya dapat diminimalkan.

Mengatasi Masalah Ketombe

Folikel rambut kita seringkali tersumbat oleh ketombe dan kulit kering yang terkelupas. Jika tidak segera diatasi, maka ini tentu akan merusak folikel rambut dan menghambat pertumbuhannya. Vitamin C dapat membantu melawan bakteri di kulit kepala. Selain akan menyingkirkan ketombe, ini juga akan membersihkan folikel dan mendorong pertumbuhan rambut baru.

Menghentikan Rambut Rontok

Vitamin C bermanfaat untuk membalikkan kelenjar adrenal yang kelelahan. Hal ini sangat penting untuk menghentikan rambut rontok dan mendorong pertumbuhan rambut lebih banyak. Karena untuk anda ketahui, kelenjar adrenal adalah kunci yang menjaga keseimbangan hormon tetap stabil.

Menebalkan Rambut

Selain memperkuat dan memperbaiki pembuluh kapiler, vitamin C juga membantu meningkatkan sirkulasi darah. Dengan sirkulasi darah yang lancar dan baik, dimana ini membawa oksigen dan nutrisi ke rambut, maka bisa dipastikan rambut anda akan tumbuh dengan tebal.

Mengatasi Berbagai Gangguan Rambut

Vitamin C adalah nutrisi yang penting bagi rambut rusak, selain merawat, vitamin ini juga berguna untuk mencegah berbagai gangguan rambut. Hal yang dapat merusak folikel rambut dan mempengaruhi pertumbuhan normal rambut dapat diatasi dengan diet yang kaya akan vitamin C. Masalah alopesia dan kebotakan pada pria juga dapat diminimalisir oleh vitamin C.

Menghambat Tumbuhnya Uban

Vitamin C tidak hanya membantu melawan kerontokan rambut, tetapi juga bermanfaat untuk mempertahankan warna alami rambut dan mencegah penuaan dini pada rambut (munculnya uban).

Sekarang anda sudah tahu apa saja manfaat vitamin C untuk kecantikan tubuh anda. Anda juga sudah paham betapa pentingnya vitamin ini untuk kulit dan rambut yang cantik. Karena itu, pastikan untuk mengkonsumsi vitamin C sesuai dengan yang direkomendasikan jika anda ingin selalu tampil sehat dan cantik secara alami.