Informasi Kesehatan dan Kecantikan Populer

Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

Rabu, 02 Juli 2014

Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

Ketahui apa saja manfaat dari makan sayur ataupun minum jus brokoli bagi kesehatan, serta data kandungan gizi dan khasiatnya untuk kecantikan.

Brokoli termasuk salah satu dari beberapa jenis sayuran yang tergolong mewah. Bukan hanya karena harganya yang memang sedikit lebih mahal dari sayuran lainnya, namun karena kandungan di dalamnya yang dikatakan sangat berkhasiat.

Beberapa hasil studi memang telah mengungkapkan jika manfaat brokoli sangatlah luas, terutama untuk kesehatan tubuh kita. Sayuran yang kita ketahui terdiri dari 2 jenis ini telah menjadi bahan penelitian dari ahli-ahli kesehatan di seluruh dunia.

Dan jika mengacu pada beberapa jurnal kesehatan yang telah diterbitkan, maka manfaat brokoli hijau diketahui lebih banyak dan lebih luas dibandingkan dengan manfaat brokoli putih. Mari kita membahasnya lebih dalam!

manfaat dan khasiat makan brokoli untuk kesehatan

Kandungan Dalam Sayur Brokoli

Berdasarkan apa yang Manfaat Untuk baca dalam kumpulan artikel pada MNT Knowledge Center, mengenai makanan-makanan populer yang memiliki manfaat kesehatan, maka brokoli diketahui memiliki kandungan nutrisi yang cukup hebat.

Sayuran yang juga memiliki sifat terapeutik ini adalah sumber serat yang tinggi (baik serat larut maupun serat tak larut), gudangnya vitamin C (100 gr brokoli memenuhi lebih dari 150% kebutuhan anda akan vitamin C), kaya akan vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin K, zat besi, seng, fosfor, dan fitonutrien. Menurut USDA Agricultural Research Service, fitonutrien adalah senyawa yang sangat bermanfaat untuk menurunkan resiko penyakit jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker tertentu.

Manfaat Sayur Brokoli Yang Harus Diketahui

Ada banyak sekali penelitian yang telah dilakukan pada sejumlah laboratorium di seluruh dunia terkait dengan khasiat brokoli dalam membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan. Dan berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan yang dapat anda peroleh hanya dengan mengkonsumsi sayur brokoli secara rutin.

Mencegah Kanker

Menurut para ilmuwan di Roswell Park Cancer Institute di Buffalo, Amerika Serikat, hanya dengan makan sayur brokoli 3 kali setiap bulan, maka anda sudah mengurangi resiko terkena kanker kandung kemih hingga 40%.

Selain itu, brokoli juga diketahui mengandung senyawa glucoraphane, yang dalam tubuh akan diproses menjadi sulforaphane, sebuah senyawa anti kanker yang kuat. Sayur brokoli juga memiliki kandungan indole-3-carbinol, sebuah antioksidan kuat dan senyawa anti karsinogen yang dapat menghambat pertumbuhan kanker payudara, kanker leher rahim, kanker prostat, dan juga meningkatkan fungsi hati.

Tanaman lain yang juga ampuh mencegah dan mengatasi kanker:

Mencegah Osteoarthritis

Selain mengandung senyawa sulforaphane yang dapat memblokir enzim yang menghancurkan tulang rawan dengan cara menghalangi molekul penyebab peradangan, brokoli juga kaya akan kaempferol dan isothiocyanates, keduanya adalah fitonutrien anti-inflamasi.

Lebih lanjut lagi, sayuran ini juga mengandung sejumlah besar asam lemak omega-3, yang juga merupakan anti peradangan alami. Seluruh kombinasi ini menjadikan brokoli sebagai makanan yang sangat ampuh untuk mengurangi dampak alergen (zat penyebab alergi) pada tubuh kita.

Menyehatkan Jantung

Makan sayur brokoli dapat meningkatkan produksi enzim yang melindungi lapisan pembuluh darah jantung anda. Selain mencegah, hal ini juga diketahui dapat membalikkan atau memperbaiki kerusakan pada lapisan pembuluh darah akibat peradangan yang disebabkan masalah gula darah kronis.

Membantu Detoksifikasi Tubuh

Glucoraphanin, gluconasturtiin, dan glucobrassicin adalah fitonutrien khusus yang dapat membantu tubuh melakukan langkah-langkah proses detoksifikasi (pengeluaran racun). Ini adalah manfaat jus brokoli yang dilaporkan oleh Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health di Baltimore.

Namun walaupun penelitian tersebut hanya fokus untuk proses detoksifikasi polutan udara yang menyebabkan iritasi pada paru-paru, penelitian lain mengatakan bahwa minum jus brokoli akan membantu mendetoksifikasi seluruh organ pada tubuh anda.

Baik Untuk Diet

Brokoli dikatakan sebagai karbohidrat cerdas karena tinggi akan kandungan serat. Selain membantu proses pencernaan, makan sayur brokoli dapat mencegah sembelit dan menjaga kadar gula darah tetap normal. Dan kandungan serat larut dalam brokoli juga dapat mengurangi kadar kolesterol tinggi dalam tubuh anda.

Mencegah Osteoporosis

Brokoli merupakan sumber kalsium dan vitamin K yang tinggi. Kedua zat dalam sayur brokoli tersebut sangat baik untuk menjaga tulang tetap sehat dan kuat, serta mencegah terjadinya pengeroposan tulang (osteoporosis).

Melindungi Kulit Dari Sinar UV

Terakhir, ini adalah manfaat brokoli untuk kecantikan, bahwa efek radiasi sinar UV (ultraviolet) yang dapat menyebabkan kanker kulit ternyata dapat dinetralisir atau dikurangi dengan pemakaian ekstrak brokoli secara topikal (dioleskan langsung ke kulit). Laporan mengenai hal ini dimuat dalam Proceedings National Academy of Sciences.

Itulah tadi beberapa hal penting mengenai manfaat brokoli untuk kesehatan yang layak untuk anda ketahui. Sedikit tambahan, agar anda mendapatkan efek yang maksimal dari mengkonsumsi sayuran ini, maka jangan memasaknya terlalu matang.

Khasiat enzim-enzim dalam sayur brokoli akan berkurang jika dimasak terlalu matang. Cara makan sayur brokoli yang paling baik adalah dengan memakannya secara mentah, atau membuatnya menjadi jus. Jika ingin memasaknya, maka masak brokoli dengan cara mengukusnya, hindari merebus sayur brokoli. Semoga bermanfaat!