Informasi Kesehatan dan Kecantikan Populer

Khasiat Dan Manfaat Daun Sirih Merah

Sabtu, 06 September 2014

Khasiat Dan Manfaat Daun Sirih Merah

Tidak terlalu banyak orang yang mengetahui tentang daun sirih merah, padahal khasiat dan manfaat daun sirih merah dapat dikatakan istimewa, baik untuk kesehatan tubuh maupun kecantikan kulit.

Sebagai bangsa yang terkenal dengan berbagai ramuan tradisional yang bersifat obat (jamu), nenek moyang kita diketahui memiliki pengetahuan yang sangat baik mengenai tumbuh-tumbuhan obat. Seperti yang akan dibahas dalam posting Manfaat Untuk kali ini, yaitu mengenai khasiat dan manfaat daun sirih merah.

Sebelum penelitian-penelitan ilmiah moderen berhasil membuktikan beberapa kegunaan daun sirih dalam hal kesehatan dan kecantikan, nenek moyang kita sudah biasa memanfaatkannya sejak dulu. Namun berbeda dengan daun sirih hijau yang biasa dikunyah bersama gambir, pinang, dan kapur dalam banyak kebudayaan di Tanah Air, daun sirih merah lebih diutamakan untuk perawatan kecantikan dan kesehatan.

manfaat sirih merah untuk kesehatan dan kecantikan

Walaupun penelitian mengenai khasiat daun sirih merah dapat dikatakan masih sangat kurang (terutama pengembangannya sebagai bahan baku dalam bio-farmasi), namun pemanfaatannya sudah sejak lama dipraktekkan secara turun-temurun.

Untuk sebagian besar kebudayaan Jawa, khususnya di Keraton Yogyakarta, tanaman ini sudah dikonsumsi sejak dulu karena diyakini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Dan walau tidak dapat dikatakan sebagai bukti ilmiah, sudah banyak sekali kesaksian masyarakat yang mengatakan merasakan khasiat dari tanaman asli Indonesia ini.

Kandungan Daun Sirih Merah

Alasan mengapa daun sirih merah memiliki banyak manfaat adalah karena kandungan senyawa kimia di dalamnya. Para peneliti menyatakan telah berhasil menemukan berbagai senyawa kimia alami berkhasiat obat yang tersimpan dalam tanaman ini.

Daun sirih merah mengandung senyawa fitokimia seperti alkoloid, flavonoid, tanin, dan saponin. Dimana dalam buku ”A Review of Natural Product and Plants as Potensial Antidiabetic” dikatakan jika senyawa alkoloid dan flavonoid memiliki aktivitas hipoglikemik (menurunkan kadar glukosa darah), sehingga daun sirih merah dapat bermanfaat untuk mengatasi diabetes.

Selain itu, daun sirih merah juga memiliki kandungan minyak atsiri, kavicol, hidroksikavicol, kavibetol, karvakrol, allylprokatekol, eugenol, cineole, caryofelen, p-cymene, kadimen estragol, ter-penena, dan fenil propada. Banyaknya kandungan senyawa kimia berkhasiat obat inilah yang membuat daun sirih merah dapat dimanfaatkan secara luas untuk mengatasi berbagai macam penyakit, mulai dari yang ringan hingga yang berat.

Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan

Berdasarkan beberapa hasil penelitian ilmiah dan kebiasaan pengobatan tradisional yang dilakukan oleh masyarakat kita, fungsi daun sirih merah dalam bidang kesehatan sangat beragam mulai dari untuk obat kumur, mengatasi sakit maag, menyembuhkan penyakit ambeien, mengatasi asam urat, mengatasi kencing manis, mengatasi hepatitis, mencegah dan mengobati kanker, serta masih banyak lagi.

Berikut ini 2 resep tradisional dengan bahan daun sirih merah untuk pengobatan diabetes dan sakit batuk:

Daun Sirih Merah Untuk Pengobatan Penyakit Diabetes

Ambil 3 lembar daun sirih merah setengah tua (daun keenam atau ketujuh dari pucuk), cuci bersih lalu kemudian iris kecil-kecil. Siapkan air sebanyak tiga gelas (600 ml), kemudian rebus daun sirih sampai mendidih dan tersisa air hanya 1,5 gelas. Minum air rebusan daun sirih ini sehari tiga kali sebelum makan, sekali minum setengah gelas.

Dikombinasikan dengan tanaman obat lain:
Ambil 3 lembar daun sirih merah ukuran sedang, siapkan 40 gram kulit kayu gayam yang sudah dibersihkan bagian luarnya, serta 30 gram kulit kayu jamblang yang telah kering kering. Rebus semua bahan-bahan ini dengan 2 gelas air (400 ml) hingga mendidih dan tersisa 1 gelas. Saring dan minum dua kali sehari pada pagi dan sore hari sebelum makan. Sekali minum setengah gelas.

Daun Sirih Merah Untuk Mengobati Batuk

Pertama-tama siapkan daun sirih merah sebanyak sepuluh lembar. Kemudian cuci daun tersebut dan rendam dalam cairan alkohol 70% selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu rebus daun sirih merah dengan air sebanyak 4 gelas (800 ml), dapat ditambahkan gula sebanyak 100 gram jika anda menginginkannya (karena rebusan air daun sirih rasanya sangat pahit).

Tunggu hingga mendidih dan tersisa sekitar 3 gelas air, lalu angkat dan dinginkan. Minum secara rutin 3 kali sehari sebanyak setengah gelas. Jika batuk anda ringan hingga sedang, biasanya dalam 2 – 3 hari anda sudah sembuh. Jika batuk agak parah biasanya membutuhkan waktu hingga 5 hari untuk sembuh.

Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kecantikan

Selain memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, daun sirih merah juga berguna untuk perawatan kecantikan, khususnya buat wanita. Manfaat daun sirih bagi wanita terutama adalah untuk merawat organ kewanitaan dan menyembuhkan keputihan.

Disamping itu, daun ini ternyata juga baik untuk kulit dan dapat membantu mengatasi jerawat.

Cara Menggunakan Daun Sirih Untuk Jerawat

Menggunakan daun sirih merah untuk mengatasi jerawat haruslah dilakukan dengan rutin dan teratur jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Cara penggunaannya adalah sebagai berikut:
  • Siapkan daun sirih merah sebanyak 10 lembar, cuci bersih, lalu kemudian lumatkan dengan cara ditumbuk. Campurkan daun sirih merah yang sudah lumat tadi dengan air panas secukupnya. Tunggu beberapa saat hingga air cukup hangat, dan langsung gunakan untuk mencuci wajah anda. Lakukan 2 kali sehari. Jika dilakukan dengan rutin, anda akan mendapati jerawat-jerawat di wajah anda akan menghilang secara bertahap.

Selain digunakan sebagai bahan pencuci muka, anda juga dapat membantu penyembuhan jerawat dari dalam tubuh dengan cara mengkonsumsi air rebusannya. Caranya adalah sebagai berikut:
  • Siapkan 12 lembar daun sirih merah dan sepotong jahe yang sudah dikupas dan dicuci bersih. Rebus dengan 4 gelas air (800 ml) hingga mendidih dan tersisa 3 gelas air. Angkat lalu dinginkan, dan anda bisa meminumnya 3 kali sehari sebanyak setengah gelas.

Meracik Ramuan Daun Sirih Merah Bagi Kecantikan Umum

Untuk mendapatkan manfaat dari daun sirih merah bagi kecantikan umum, ada dua cara meracik ramuan yang bisa anda lakukan:
  • Pertama adalah dengan diminum. Manfaat rebusan daun sirih memang sangat beragam. Untuk menjaga penampilan dan kecantikan sehari-hari, rebus antara 3 sampai 5 lembar daun sirih, dinginkan, dan jadikan ini sebagai minuman sehari-hari. Fungsinya adalah untuk melindungi kulit dari bahaya radikal bebas dari dalam tubuh. Ini akan menjaga kecantikan kulit anda secara alami.
  • Kedua adalah dengan cara mengoleskannya. Siapkan 2 lembar daun sirih merah, hancurkan dengan cara ditumbuk serta ditambahkan sedikit air. Fungsinya adalah untuk meredakan jerawat yang meradang dan membantu menyamarkan noda-noda hitam pada kulit. Cara pemakaiannya hanya dengan dioleskan pada bagian kulit yang bermasalah, tunggu beberapa saat, lalu cuci bersih dengan air dingin.

Bagaimana, luar biasa sekali bukan manfaat daun sirih bagi kehidupan kita? Semoga apa yang telah saya jabarkan diatas dapat berguna dan menambah pengetahuan anda tentang manfaat daun-daunan yang telah disediakan oleh bumi kita ini. Selamat mencoba!