Informasi Kesehatan dan Kecantikan Populer

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Rabu, 02 Juli 2014

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Lihat apa saja manfaat dan khasiat dari daun sirsak yang dikatakan sangat luar biasa, dan ketahui juga kegunaan air rebusan daun sirsak bagi kesehatan anda!

Sekarang Manfaat Untuk ingin membahas satu buah tanaman multi manfaat, yaitu sirsak. Mengapa dikatakan multi manfaat? Karena seluruh bagian dari tanaman sirsak dapat dikatakan memiliki khasiat obat.

Mulai dari akar, kulit batang, daun, bunga, hingga buah sirsak, semuanya telah dimanfaatkan sebagai obat tradisional selama ratusan tahun. Namun tidak semua akan dibahas dalam artikel kali ini, pembahasan hanya khusus mengenai manfaat daun sirsak saja.

Dari semua bagian pohon sirsak, kegunaan daun sirsak memang menjadi topik yang paling banyak diangkat oleh media. Karena itu, saya rasa anda perlu mendapat keterangan yang benar mengenai hal ini.

khasiat daun sirsak bagi kesehatan dan kecantikan

Daun sirsak dan manfaatnya memang merupakan hal yang menarik untuk dibahas. Terlebih sudah sangat banyak penelitian yang dilakukan oleh berbagai laboratorium di seluruh dunia. Dan studi yang melibatkan banyak ahli kesehatan tersebut juga mengkonfirmasi mengenai khasiat daun sirsak, terutama untuk masalah kesehatan.

Memang terdapat banyak perdebatan mengenai apakah manfaat kesehatan dari daun sirsak tersebut benar-benar efektif pada manusia, karena selama ini belum pernah ada penelitian yang menggunakan manusia sebagai objek penelitiannya. Namun terlepas dari itu semua, mari kita masuk dan mengenal lebih dalam tentang daun sirsak.

Kandungan Daun Sirsak

Jika merujuk pada penelitian yang dilakukan oleh Prof. Solaksono Sastrodihardjo dari Fakultas Biologi ITB, Dr. Jerry Mc Laughlin yang merupakan seorang ahli farmasi dari Amerika, serta beberapa penelitian lainnya (baik independen maupun dengan sponsor tertentu), daun sirsak diketahui memiliki kandungan kelompok senyawa Acetogenin (Bulatacin, Asimisin, Squamosin, Murikatosin Acetogenin A), Anopentosin A, Anopentosin B, Anopentosin C, Murikatosin B, Murikapentosin, dan Anomurisin E. Selain itu, daun sirsak juga dikatakan memiliki kandungan Protein, Lemak, Kalsium, Fruktosa, vitamin A, vitamin B, dan sejumlah kecil senyawa lainnya.

Khasiat Daun Sirsak Bagi Tubuh

Berdasarkan ilmu pengobatan tradisional yang dipraktekkan oleh para ahli pengobatan herbal, daun sirsak dikatakan sangat ampuh untuk mengatasi beberapa penyakit umum dan penyakit berat. Dan laporan yang dikeluarkan oleh The National Cancer Institute semakin menguatkan klaim ini.

Hasil penelitian mereka mengungkapkan jika senyawa-senyawa yang terdapat dalam daun sirsak sangat efektif dalam menyerang dan menghancurkan sel-sel tumor dan kanker. Untuk lebih jelas, mari kita bahas satu-persatu mengenai fungsi daun sirsak untuk kesehatan maupun kecantikan tubuh:

Menyehatkan Pencernaan

Kandungan kelompok senyawa acetogenin pada daun sirsak dipercaya dapat membunuh cacing pita dan parasit yang masuk ke tubuh anda. Selain dengan memakan daunnya secara langsung (setelah diolah) seperti kebiasaan masyarakat di Aceh, anda juga bisa meminum air rebusannya. Ini dapat membantu tubuh membersihkan racun dan parasit berbahaya.

Mengobati Asam Urat

Ini adalah manfaat rebusan daun sirsak lainnya. Rebus 6 – 10 lembar daun sirsak yang sudah tua (tapi masih hijau) dalam wadah yang berisi 2 gelas air. Biarkan hingga mendidih dan tersisa 1 gelas. Lalu saring dan minum 2 kali sehari.

Mengobati Flu dan Demam

Daun sirsak juga dapat dimanfaatkan untuk membantu pengobatan penyakit musiman ini. Masyarakat Peru biasa mengkonsumsi air rebusan daun sirsak untuk meredakan peradangan pada selaput lendir (kondisi yang selalu menyertai flu dan demam), dan mencampur air rebusan daun sirsak dengan sari buah sirsak untuk mendinginkan tubuh.

Mencegah Dan Membantu Pengobatan Kanker

Ini mungkin adalah manfaat daun sirsak terhebat yang diketahui, setidaknya hingga saat ini. Walaupun belum pernah diujicoba langsung ke manusia, banyaknya penelitian yang menggunakan hewan ujicoba maupun tabung kultur telah mengkonfirmasi hal ini.

Senyawa fenolik yang terkandung dalam daun sirsak dikatakan 1000 kali lebih efektif dibandingkan kemoterapi, dan senyawa ini hanya membunuh sel-sel yang tumbuh abnormal saja, serta membiarkan sel-sel yang tumbuh normal. Itulah mengapa bermunculan produsen-produsen yang menawarkan produk teh daun sirsak di pasaran. Mungkin masih ada yang mendebatkan tentang manfaat teh daun sirsak, namun banyak ahli kesehatan (modern maupun tradisional) yang menyarankan untuk mengkonsumsinya.

Mengatasi Infeksi Kulit

Daun sirsak diketahui memiliki sejumlah senyawa yang sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Masalah jerawat, bisul, bekas luka, dan peradangan yang terjadi di permukaan kulit adalah beberapa hal yang dapat diobati dengan daun sirsak. Cukup hancurkan daun sirsak, dan oleskan pada daerah kulit yang bermasalah.

Mengatasi Kutu Rambut

Kelompok senyawa acetogenin yang terdapat dalam daun sirsak dapat berfungsi sebagai anti-feedent, yaitu akan membunuh serangga dan hama yang mengkonsumsinya, walaupun dalam jumlah sedikit. Karena itu, daun sirsak dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan kutu rambut. Remas-remas daun sirsak dalam ember atau gayung yang berisi air secukupnya, siramkan secara merata hingga membasahi rambut dan kulit kepala, biarkan beberapa saat, lalu bilas dengan air hingga bersih.

Itulah tadi penjelasan yang bisa saya berikan seputar manfaat daun sirsak untuk kesehatan dan kecantikan. Jika masih kurang jelas, silahkan anda bertanya. Saya akan mencoba untuk menjawabnya sesuai pengetahuan saya. Silahkan pula untuk memberi masukan mengenai informasi-informasi baru yang mungkin terlewat oleh saya. Semoga bermanfaat!

1 komentar: