Informasi Kesehatan dan Kecantikan Populer

Manfaat Susu Kedelai Bagi Tubuh

Kamis, 03 Juli 2014

Manfaat Susu Kedelai Bagi Tubuh

Anda akan mendapatkan informasi lengkap mengenai manfaat dan khasiat minum susu kacang kedelai untuk kesehatan, ibu hamil, diet, dan kecantikan. Juga apa saja kandungan nutrisinya.

Kali ini Manfaat Untuk ingin menyampaikan informasi mengenai manfaat susu kedelai. Mungkin anda pernah meminumnya, atau mungkin juga anda tidak ingin untuk mencobanya sama sekali. Faktanya, secara alami susu kedelai diketahui kaya akan protein, karbohidrat, asam lemak esensial, serat, vitamin, dan mineral.

Susu yang didapatkan dengan proses merendam, menggiling, dan merebus kacang kedelai ini juga dinyatakan rendah lemak dan kolesterol. Susu kedelai telah lama dimanfaatkan sebagai susu alternatif bagi kaum vegetarian dan orang-orang yang alergi terhadap laktosa susu.

Dan bagi anda yang tidak bermasalah dengan susu sapi, mungkin anda bertanya mengenai manfaat minum susu kedelai, dan mengapa anda harus mencobanya. Inilah yang akan saya jelaskan secara lebih mendalam pada artikel kali ini.

manfaat susu kedelai untuk kesehatan kecantikan

Kandungan Susu Kedelai

Beberapa jurnal kesehatan menjelaskan jika susu kedelai memiliki kandungan protein yang sama dengan susu pada umumnya. Satu cangkir susu kedelai secara umum mengandung sekitar 8 gr protein, sejumlah besar vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin D, dan kalsium.

Manfaat dari kandungan berbagai vitamin ini tentu sangat beragam. Seperti vitamin A yang membantu proses penyembuhan dan pertumbuhan sel baru, vitamin B1 dan B2 yang baik untuk jantung dan kesehatan sistem saraf, serta vitamin D yang membantu penyerapan kalsium.

Selengkapnya mengenai manfaat vitamin, lihat:

Susu kedelai juga mengandung karbohidrat kompleks dengan nilai indeks glikemik rendah, sehingga aman dan dapat dijadikan pilihan bagi para penderita diabetes. Lebih lanjut, tidak seperti susu biasa yang tidak mengandung serat, susu kedelai diketahui memiliki kandungan serat larut sekitar 2%.

Kandungan lemak jenuhnya juga sangat rendah dan hanya memiliki 90 kalori. Namun disisi lain, susu ini diketahui menyimpan kandungan asam lemak omega-3, yaitu jenis lemak tak jenuh yang dapat meningkatkan memori otak, menyehatkan jantung, menurunkan kadar kolesterol jahat, dan mengurangi efek negatif dari arthritis.

Fungsi Dan Kegunaan Susu Kedelai

Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan

  • Mengurangi Kolesterol Jahat. Minum susu kedelai dapat meningkatkan profil lipid pada darah anda. Karena tidak seperti susu sapi yang tinggi lemak jenuh dan kolesterol, lemak susu kedelai justru merupakan lemak tak jenuh (tunggal dan ganda) dan non kolesterol. Mengkonsumsi susu kedelai dengan rutin dapat secara signifikan menurunkan tingkat trigliserida dan kolesterol jahat (LDL) dalam darah anda, serta akan menaikkan kadar kolesterol baik (HDL) secara bersamaan. Ini adalah minuman ideal bagi anda yang memiliki kolesterol tinggi atau yang memiliki riwayat penyakit jantung koroner.
  • Menguatkan Integritas Pembuluh Darah. Kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6, serta fito antioksidan kuat dalam susu kedelai dapat melindungi pembuluh darah dari luka dan perdarahan. Kombinasi senyawa ini akan melindungi lapisan sel dari serangan radikal bebas dan kolesterol, menjaga keenceran darah, dan meningkatkan fleksibilitas pembuluh darah.
  • Menjaga Berat Badan. Manfaat susu kedelai untuk diet diketahui berdasarkan data kadar gula susu kedelai yang lebih rendah dibandingkan susu biasa. Jika satu cangkir susu sapi memiliki kandungan gula sekitar 12 gr, maka satu cangkir susu kedelai hanya mengandung sekitar 7 gr gula, atau secara keseluruhan hanya 80 kalori (setara dengan susu skim). Kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dalam susu kedelai juga mampu menghambat penyerapan lemak pada usus kita. Sehingga tidak heran jika saat ini sudah cukup banyak orang yang menjalani pola diet susu kedelai.
  • Mencegah Kanker Prostat. Susu kedelai kaya akan fitoestrogen, yaitu hormon unik pada tanaman yang dapat menghambat produksi testosteron pada pria. Berkurangnya kadar testosteron akan secara langsung mengurangi resiko terkena kanker prostat. Penelitian membuktikan bahwa pria yang rutin mengkonsumsi kacang kedelai (dan olahannya) sangat kecil kemungkinannya terkena hipertrofi prostat.
  • Mencegah Postmenopause Syndromes. Meminum susu kedelai secara rutin adalah cara terbaik untuk mencegah dan mengurangi sindrom pascamenopause. Kandungan fitoestrogen dalam kedelai dapat mengganti produksi alami estrogen yang jauh berkurang selama masa menopause. Penurunan hormon estrogen yang drastis pada wanita dapat memberikan banyak masalah kesehatan. Wanita pasca menopause mempunyai resiko yang lebih tinggi untuk terkena obesitas, penyakit jantung, dan diabetes. Mereka juga sangat rentan mengalami depresi, perubahan mood, insomnia, dan beberapa gangguan psikis lainnya.
  • Mencegah Osteoporosis. Ini adalah khasiat susu kedelai lainnya yang masih berkaitan dengan kandungan fitoestrogen di dalamnya. Hormon ini dapat membantu mempercepat penyerapan kalsium oleh tubuh dan mencegah hilangnya massa tulang. Ini akan menjaga tulang anda menjadi selalu tetap kuat.

Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil

Mungkin anda termasuk salah satu dari banyak orang yang bingung dengan informasi tentang manfaat susu kacang kedelai, khususnya bagi ibu hamil. Ada yang mengatakan jika susu kedelai berbahaya bagi janin dan bisa menyebabkan keguguran. Namun ada pula yang mengatakan jika mengkonsumsi susu kedelai sangat baik untuk ibu hamil karena kaya asam folat, protein, dan berbagai vitamin.

Lalu apakah benar susu kedelai baik untuk ibu hamil, atau justru sebaliknya?

Dalam berbagai literatur dan jurnal kesehatan yang telah saya baca, konsumsi susu kedelai pada ibu hamil usia kandungan 1 – 3 bulan memang perlu dibatasi. Pada usia tersebut, perekat janin pada dinding rahim belum terbentuk sempurna.

Adapun yang dianggap dapat membahayakan kehamilan adalah kandungan fitoestrogen dalam susu kedelai. Hormon yang hanya diproduksi oleh tumbuhan ini dianggap menyerupai hormon estrogen yang diproduksi oleh tubuh kita. Kelebihan estrogen pada tubuh diketahui dapat memicu kontraksi, dan ini memang meningkatkan resiko ibu hamil muda (usia kandungan 1 – 3 bulan) untuk mengalami keguguran.

Disisi lain, pendapat yang mengatakan bahwa mengkonsumsi susu kedelai baik untuk ibu hamil juga tidak salah. Asalkan ibu hamil meminumnya saat usia kehamilan sudah memasuki trimester 2 ke atas, dan dengan takaran normal, maka susu kedelai akan memberikan banyak manfaat.

Kandungan asam folat pada susu kedelai sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan janin, khususnya untuk pembentukan sel-sel saraf. Kandungan berbagai vitamin dalam susu kedelai juga akan menjaga kondisi ibu hamil tetap sehat dan bugar selama kehamilan. Sedangkan kandungan protein tinggi pada susu ini akan memastikan pembentukan dan perkembangan organ pada janin tetap optimal. Selain itu, protein pada susu kedelai juga dapat dikatakan sangat lengkap, diantaranya adalah arginin, lisin, glisin, dan treoin.

Itulah tadi segala hal yang dapat saya bagikan mengenai manfaat susu kedelai bagi tubuh anda. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang cukup lengkap dan bisa berguna bagi anda semua!

1 komentar:

Ternyata setelah saya membaca semua artikel ini, banyak juga dari Manfaat Dan Khasiat Susu Kedelai tidak Cuma dengan serupa, bahkan lebih dari satu manfaat Susu Kedelai ini, memang web ini menyuguhkan artikel yang sangat bagus dan baik, enak dibaca dan juga dipahami, salam sehat buat pemegang web ini, dan tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu untuk saling mengetahui : Manfaat Susu Kedelai

Salam sehat, dan panjang umur. amin

Reply