Informasi Kesehatan dan Kecantikan Populer

Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Kamis, 03 Juli 2014

Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Anda tentu sudah pernah mendengar jika selain dijadikan sebagai bumbu masak, kunyit juga merupakan bahan dasar jamu karena memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh serta kecantikan secara umum.

manfaat kunyit kuning dan putih bagi kesehatan serta kecantikan
Saat ini Manfaat Untuk ingin membagikan informasi mengenai bumbu rempah yang juga diketahui memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan kecantikan tubuh, yaitu manfaat kunyit.

Tanaman yang dimasukkan dalam kelompok jahe-jehean dengan nama latin Curcuma longa Linn. syn Curcuma domestica Val. ini adalah tanaman rempah dan obat yang asli dari wilayah Asia Tenggara.

Dengan semakin banyaknya artikel medis yang membahas tentang manfaat kunyit untuk kesehatan, saat ini tanaman kunyit diketahui sudah menyebar sangat luas ke berbagai negara, tidak hanya negara-negara yang berdekatan dengan Asia Tenggara, bahkan hingga ke Afrika.

Dan seperti semua negara yang telah mengenal tanaman ini selama ratusan tahun, masyarakat Indonesia juga memanfaatkan tanaman kunyit sebagai bumbu masakan dan bahan obat herbal.

Yang paling dikenal luas mungkin adalah jamu kunyit asam (khususnya di pulau Jawa). Manfaat kunyit asam sendiri dipercaya sangat beragam bagi kesehatan dan kecantikan, sehingga ini menjadi salah satu jamu yang paling banyak dikonsumsi.

Sedangkan sebagai bumbu masakan, kegunaan kunyit adalah sebagai bahan wajib pada masakan-masakan sejenis kare dan gulai, juga digunakan sebagai pewarna makanan serta sebagai pengawet makanan alami. Namun yang digunakan pada makanan-makanan tersebut adalah jenis kunyit kuning. Berbeda dengan kunyit putih yang juga masih kerabat dari tanaman ini, manfaat kunyit putih lebih banyak ditujukan sebagai obat herbal.

Kandungan Pada Kunyit

Secara umum, kunyit diketahui memiliki kandungan lemak sekitar 1% - 3%, karbohidrat sekitar 3%, protein sekitar 30%, vitamin C 45% - 55%, zat pati sekitar 8%, dan sejumlah garam mineral seperti zat besi, fosfor, dan kalsium.

Sedangkan untuk kandungan senyawa kunyit yang bersifat obat, rempah ini kaya akan kelompok senyawa yang disebut dengan kurkuminoid, terdiri dari kurkumin sekitar 10%, desmetoksikumin sekitar 10%, bisdesmetoksikurkumin sekitar 1% – 5%, dan minyak atsiri. Kandungan minyak atsiri pada kunyit sendiri juga terbagi dalam beberapa senyawa, yaitu keton sesquiterpen-turmeron-tumeon sekitar 60%, zingiberen sekitar 25%, dan sisanya adalah felandren, sabinen, borneol, dan sineil.

Lihat juga berbagai manfaat vitamin di:

Khasiat Dan Efek Samping Kunyit Putih Dan Kuning

Ada banyak manfaat kesehatan dan kecantikan yang bisa didapatkan dari tanaman kunyit, hal ini diketahui baik berdasarkan pengalaman para ahli pengobatan tradisional, maupun dari penelitian ilmiah selama ini.

Mencegah Dan Mengobati Tumor serta Kanker

Senyawa obat dalam kunyit diketahui dapat mencegah munculnya melanoma dan membunuh sel-sel melanoma yang telah ada di tubuh. Cara kerjanya adalah dengan menghentikan pertumbuhan pembuluh darah baru pada sel tumor tersebut.

Sedangkan untuk kanker, kombinasi konsumsi kunyit dan brokoli (lihat Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan) diketahui ampuh untuk mencegah dan menghentikan pertumbuhan kanker prostat. Selain itu, kunyit juga terbukti mencegah terjadinya metastasis, yaitu penyebaran sel kanker dari tempat awal ke bagian lain di tubuh.

Untuk kunyit putih, tanaman ini diketahui kaya akan protein ribosome inacting, yang diketahui sangat aktif dalam mencegah pertumbuhan sel kanker. Konsumsi kunyit secara teratur juga bermanfaat dalam mengurangi resiko terkena leukemia.

Kesehatan Tubuh Secara Umum

  • Membantu pengobatan diare.
  • Membantu proses detoksifikasi pada hati.
  • Mencegah atau memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer.
  • Mengobati radang sendi seperti arthritis dan arthritis reumatoid, karena sifatnya sebagai penghilang rasa sakit dan anti-inflamasi alami.
  • Menghambat perkembangan multiple sclerosis.
  • Membantu proses metabolisme lemak dan menjaga berat badan.
  • Membantu pengobatan depresi.
  • Meredakan rasa nyeri haid dan mengobati masalah keputihan.
  • Mengatasi masuk angin dan sakit gigi. Ini adalah manfaat air kunyit (air rebusan kunyit) yang banyak dipraktekkan.

Kunyit Untuk Kecantikan

Ada beberapa manfaat kunyit untuk kulit yang tentunya sangat berkaitan dengan kecantikan organ tubuh paling luar ini. Kunyit diketahui kaya akan antioksidan, terutama pada kunyit putih, yang fungsinya adalah untuk mengatasi kerusakan gen (khususnya pada kulit) akibat radikal bebas. Kunyit kuning diketahui memiliki sifat antiseptik dan antibakteri alami, dimana ini dapat mempercepat proses penyembuhan luka dan membantu memperbaiki kondisi kulit yang rusak (termasuk akibat luka bakar ringan).

Efek Samping Dari Konsumsi Kunyit

  • Menyebabkan ganguan lambung. Konsumsi kunyit dalam jangka panjang dapat menyebabkan gangguan lambung karena sifat pedasnya.
  • Stimulan rahim. Hal ini mungkin baik karena dapat meredakan rasa nyeri dan memperlancar haid. Namun bagi ibu hamil, ini tentu sangatlah berbahaya. Dan bukan hanya bagi ibu hamil saja, wanita menyusui juga perlu berhati-hati untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi kunyit.
  • Memicu pendarahan. Sifat kunyit yang dapat menghambat penggumpalan trombosit memang bermanfaat untuk mencegah terjadinya penggumpalan darah. Namun disisi lain, hal ini juga bisa menimbulkan efek merugikan karena dapat memicu pendarahan. Karena itu, konsultasi dengan dokter mengenai dosis yang tepat sangat disarankan bagi anda yang ingin mengkonsumsi suplemen kunyit.
  • Mengurangi efek kemoterapi. Beberapa penelitian telah menunjukkan jika kunyit mungkin memberikan efek terhadap kemoterapi. Walaupun hal ini masih memerlukan penelitian yang lebih lanjut lagi, namun disarankan untuk tidak mengkonsumsi suplemen kunyit jika anda sedang menjalani kemoterapi.

Itulah tadi penjelasan terlengkap yang dapat saya berikan mengenai berbagai manfaat kunyit bagi kesehatan dan kecantikan untuk saat ini. Tambahan dan update informasi terbaru tetap akan dilakukan, baik pada artikel ini, maupun dalam artikel yang lain. Semoga bermanfaat!