Informasi Kesehatan dan Kecantikan Populer

Manfaat Kacang Hijau

Jumat, 04 Juli 2014

Manfaat Kacang Hijau

Jika anda mencari informasi mengenai khasiat dan manfaat bubur / sari / air rebusan kacang hijau untuk kesehatan, kecantikan, ibu hamil, diet, dan kesuburan, maka inilah penjelasan lengkapnya!

Kacang hijau atau yang bernama latin Vigna radiata adalah jenis kacang-kacangan yang sangat populer di Indonesia, menduduki urutan ke 3 setelah kacang kedelai dan kacang tanah. Tanaman yang dibudidayakan secara luas di daerah tropis ini sangat digemari karena rasa dan khasiat yang terkandung di dalamnya.

Dan kali ini Manfaat Untuk ingin mengupas dengan tuntas mengenai manfaat kacang hijau, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Diharapkan anda akan semakin paham dan menyadari betapa bergizinya kacang yang berukuran kecil ini. Karena jika memang nutrisi dalam kacang hijau biasa saja, tentu makanan ini tidak akan menjadi salah satu sumber makanan pokok bagi kalangan vegetarian.

manfaat kacang hijau untuk kesehatan dan kecantikan

Kandungan Kacang Hijau

Walaupun ukurannya kecil, kacang hijau kaya akan berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Secara umum kacang hijau diketahui sebagai sumber karbohidrat, protein, serat, berbagai jenis vitamin,  aneka mineral penting, dan sejumlah asam amino.

Berikut penjelasan mengenai fungsi kacang hijau jika dilihat dari kandungan gizinya (per - 100 gr):
  • Protein. Kandungan protein pada kacang hijau sekitar 16,1 gr. Memang masih kalah jika dibandingkan dengan daging merah (tidak sampai setengahnya). Tapi kacang hijau memiliki keunggulan, dimana kandungan lemak jenuhnya juga sangat sedikit (hanya 0,8 gr), sehingga aman bagi anda yang memiliki masalah kolesterol.
  • Zat Besi. Kandungan zat besi pada kacang hijau sekitar 5,5 mg. Mineral ini penting bagi pembentukan hemoglobin yang berfungsi untuk menyalurkan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Selain itu, zat besi juga meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan stres mental, karena membantu pembentukan enzim yang memperlancar metabolisme dan pembentukan energi.
  • Magnesium. Kacang hijau mengandung magnesium sekitar 161 mg. Magnesium sangat dibutuhkan untuk membuat pembuluh arteri dan vena menjadi lentur dan kuat. Hal ini akan membantu memperlancar aliran darah, sehingga distribusi oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh dapat berjalan dengan baik.
  • Seng. Kandungan seng (zinc) dalam kacang hijau adalah sekitar 3,3 mg. Dan jika ada yang bertanya tentang manfaat kacang hijau untuk kesuburan, maka zat mineral ini adalah jawabannya. Karena selain membantu proses penyembuhan, pertumbuhan, dan perbaikan jaringan dalam tubuh, seng juga dapat mengatasi masalah infertilitas pada pria.
Secara keseluruhan, dalam setiap 100 gr kacang hijau diketahui terkandung 327 kkal energi, 64,2 gr karbohidrat, 3,7 gr serat, 0,72 mg vitamin B1, 0,45 mg vitamin B2, 3,0 mg vitamin C, dan beberapa mineral lain selain yang dijelaskan diatas (tembaga, kalium, kalsium, mangan).

Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Membersihkan Racun Dari Tubuh

Ini adalah salah satu dari beberapa manfaat air rebusan kacang hijau yang telah dibuktikan secara medis. Jika dimasak dan dikonsumsi dengan baik dan benar, maka mengkonsumsi kacang hijau adalah cara alami yang efektif untuk membersihkan racun dan bahan kimia (alkohol, pestisida, timah hitam) dari tubuh anda.

Membantu Penurunan Berat Badan

Selain kaya akan protein dan serat, kacang hijau diketahui rendah kalori. Karena itu, makan sejumlah kecil kacang hijau sudah cukup untuk membuat anda merasa kenyang, sehingga anda akan terhindar dari mengkonsumsi makanan lainnya. Dan dari banyaknya aneka nutrisi serta rendahnya kadar lemak dalam kacang ini, maka manfaat kacang hijau untuk diet bukanlah suatu mitos. Makan kacang hijau sangat dianjurkan bagi orang-orang yang ingin menurunkan berat badan.

Mencegah Kanker Payudara

Seperti jenis kacang-kacangan lainnya, kacang hijau juga mengandung protease inhibitor. Senyawa ini dapat mengurangi manipulasi sel tumor dan memperlambat replikasi sel-sel kanker tertentu, termasuk pada kanker payudara. Jadi para wanita sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi kacang hijau secara rutin, terutama yang menjalani gaya hidup kurang sehat.

Baik Bagi Penderita Diabetes

Kacang hijau adalah jenis makanan yang sangat baik bagi penderita diabetes karena memiliki indeks glikemik yang rendah. Makanan dengan indeks glikemik rendah akan membantu mengurangi lemak tubuh, dan ini secara langsung juga akan mengurangi kadar glukosa darah serta kadar urea nitrogen darah.

Hal ini telah dibuktikan melalui penelitian, dimana para relawan diminta untuk rutin mengkonsumsi kecambah kacang hijau beserta kulitnya selama 5 minggu, kemudian para peneliti mengukur semua aspek diatas.

Menyehatkan Jantung

Dikatakan bahwa khasiat kacang hijau tidak akan hilang ataupun berkurang walaupun dimasak atau direbus hingga pecah. Karena itu, sari kacang hijau juga memiliki khasiat yang sama istimewanya.

Salah satu manfaat sari kacang hijau adalah kemampuannya dalam mengatasi tekanan darah tinggi, dan ini berhubungan langsung dengan kesehatan jantung. Mengkonsumsi sari kacang hijau 5 kali atau lebih/minggu disebut dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung hingga 22%.

Baik Untuk Wanita Hamil

Informasi mengenai manfaat kacang hijau untuk ibu hamil telah sejak lama disebarluaskan di masyarakat kita, baik itu melalui media cetak, internet, maupun televisi. Dan informasi ini memang benar adanya.

Kacang hijau yang kaya akan protein, lemak tak jenuh, vitamin B, vitamin E, zat besi, serat, dan asam folat, membuatnya menjadi makanan alternatif yang sangat baik bagi ibu hamil. Khususnya untuk kandungan asam folat yang dapat dikatakan sangat vital. Fungsi asam folat selain untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan saraf pada janin, juga berfungsi untuk meningkatkan kecerdasan bayi.

Selain itu, kecukupan asam folat pada ibu hamil akan menghindari terjadinya kelainan jantung, bibir sumbing, dan berbagai kecacatan lainnya pada bayi. Silahkan baca Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil

Membuat Kulit Awet Muda

Kacang hijau diketahui mengandung enzim fitoestrogen yang sangat baik untuk kulit. Hormon yang hanya diproduksi oleh tumbuhan ini dapat membantu sekresi kolagen dan elastin yang akan meningkatkan kekencangan kulit. Jadi, rajin-rajinlah makan kacang hijau jika anda ingin mencegah penuaan dini dan menjaga kulit anda tetap kencang serta terlihat awet muda.

Menjaga Keindahan Rambut Dan Kuku

Manfaat kacang hijau untuk rambut kurang lebih sama dengan manfaatnya bagi kuku, yaitu mencegah terjadinya kerapuhan. Rambut yang mudah rontok dan pecah-pecah, serta kuku yang rapuh dan mudah patah, adalah tanda kurangnya asupan protein, seng, dan beberapa vitamin. Kacang hijau yang kaya akan semua nutrisi itu serta berbagai mineral lainnya dapat membantu untuk menjaga rambut dan kuku anda tetap sehat dan kuat.

Itulah tadi segala kegunaan, khasiat, dan manfaat yang akan didapatkan oleh tubuh anda dengan mengkonsumsi kacang hijau secara rutin. Dan ini berlaku untuk makanan apa saja yang berbahan kacang hijau. Jadi, manfaat bubur kacang hijau adalah sama dengan ketika anda mengkonsumsi makanan olahan lainnya yang berbahan dasar kacang ini. Semoga penjelasan diatas dapat memberikan manfaat bagi anda semua!