Informasi Kesehatan dan Kecantikan Populer

Manfaat Dan Khasiat Jeruk Nipis

Rabu, 20 Agustus 2014

Manfaat Dan Khasiat Jeruk Nipis

Anda mungkin tidak pernah menduga jika manfaat dan khasiat jeruk nipis bagi kesehatan tubuh dan perawatan kecantikan kulit serta rambut jauh lebih hebat dari yang anda bayangkan!

Pada artikel kali ini, Manfaat Untuk akan khusus membahas tentang manfaat jeruk nipis. Keluarga buah jeruk dengan ukuran kecil dan rasa yang masam, namun memiliki begitu banyak kegunaan dan manfaat bagi kehidupan kita.

Masyarakat kita memang hampir tidak dapat dipisahkan dengan buah jeruk nipis. Pemanfaatannya yang sangat beragam mulai dari untuk membantu membersihkan noda, penyedap masakan dan minuman, serta untuk perawatan kesehatan dan kecantikan, menjadikan jeruk nipis hampir selalu tersedia di dapur-dapur setiap rumah.

Lalu apa yang membuat buah ini begitu istimewa? Apa kandungan di dalamnya? Apa saja kegunaannya? Mari kita membahasnya secara terperinci satu persatu.

manfaat dan khasiat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan

Kandungan Jeruk Nipis

Seperti umumnya keluarga buah jeruk, jeruk nipis adalah sumber vitamin C yang sangat baik, vitamin yang termasuk dalam kelompok antioksidan kuat ini memang sangat vital bagi kesehatan tubuh manusia. Selain itu, buah ini juga dilengkapi dengan sejumlah zat asam alami, beberapa jenis vitamin lainnya, serta mineral-mineral yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Kandungan Vitamin C Pada Jeruk Nipis

Dalam 1 buah jeruk nipis berukuran sedang diketahui mengandung sekitar 30,7 mg vitamin C, ini setara dengan 25% - 30% asupan harian yang disarankan. Vitamin ini sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Selain itu, vitamin C juga sangat baik untuk kecantikan karena membantu pembentukan kolagen pada kulit, tulang, tulang rawan, serta pembuluh darah. Lebih lengkap mengenai manfaat vitamin C dapat dilihat di Manfaat Vitamin C Bagi Tubuh

Kandungan Vitamin Lainnya

Vitamin lain yang tersimpan dalam buah jeruk nipis adalah beberapa keluarga vitamin B (vitamin B6, niacin, tiamin, dan asam pantotenat), vitamin A (sekitar 13 IU dalam 1 jeruk nipis ukuran sedang), kolin (sekitar 3 mg), dan folat (sekitar 6 mcg). Secara umum vitamin B berfungsi untuk menjaga sistem saraf pusat dan meningkatkan kekebalan tubuh. Sedangkan vitamin A, bersama-sama dengan folat akan menjaga kesehatan mata, menjaga dan membantu pembentukan sel-sel baru, dan membantu mengatasi peradangan dalam tubuh.

Kandungan Mineral Dalam Jeruk Nipis

Seperti telah dijelaskan di awal, buah ini juga ternyata menyimpan sejumlah jejak mineral yang cukup penting bagi tubuh kita. Dalam sebuah jeruk nipis berukuran sedang setidaknya tersimpan sekitar 5 mg magnesium, 15 mg kalsium, dan 80 mg kalium.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

Berdasarkan keterangan data kandungan nutrisi dalam jeruk nipis serta hasil beberapa penelitian yang telah dilakukan, maka khasiat jeruk nipis terbukti bukan omong kosong, khususnya bagi kesehatan tubuh kita. Setidaknya hasil-hasil penelitian ilmiah berikut ini dapat menerangkannya kepada anda.

Jeruk Nipis Membantu Mencegah Kanker

Adalah Memorial Sloan Kettering Cancer Center, yaitu sebuah lembaga penelitian tentang kanker yang mengungkapkan kegunaan jeruk nipis sebagai anti kanker. Senyawa d-limonene yang banyak tersimpan dalam kulit luar jeruk nipis diketahui dapat mencegah kanker dalam berbagai garis sel.

Berdasarkan penelitian tersebut, selain melindungi garis sel kulit, lambung, usus, hati, dan pankreas, senyawa d-limonene dalam kulit jeruk nipis ini juga dapat dipertimbangkan untuk mencegah kanker pada daerah jaringan berlemak seperti kanker payudara.

Jeruk Nipis Sebagai Anti Peradangan

Ketika terjadi karena reaksi tubuh yang mengalami cidera, terserang virus, ataupun terkena infeksi, maka peradangan adalah sebuah hal yang wajar. Namun jika peradangan muncul akibat penyakit inflamasi seperti rematik atau radang sendi, maka ini tentu sangat mengganggu karena mempengaruhi jaringan organ dalam tubuh. Dan berdasarkan keterangan dalam jurnal kesehatan tentang rematik, kecukupan asupan vitamin C harian dikatakan dapat menurunkan resiko terkena radang sendi.

Dalam penelitian yang berbeda, vitamin C dalam jeruk nipis yang merupakan antioksidan kuat juga dikatakan dapat membantu mengatasi aterosklerosis, yaitu kondisi yang disebabkan oleh kerusakan oksidatif dan peradangan pada dinding pembuluh darah yang mengakibatkan penyakit jantung koroner. Jadi jika anda bertanya apa manfaat minum air jeruk nipis, maka hal-hal tadi adalah beberapa diantaranya.

Jeruk Nipis Menjaga Kesehatan Hati

Hesperidin, salah satu senyawa dalam kelompok senyawa flavonoid yang terkandung dalam jeruk nipis dikatakan dapat mencegah terjadinya kerusakan pada hati (liver). Hal ini diungkap oleh salah satu Universitas Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Cina. Berdasarkan penelitian mereka, efek antioksidan pada senyawa ini diketahui mampu melindungi sel dari stres oksidatif. Karena itu, mereka menyimpulkan jika hesperidin layak dipertimbangkan dalam terapi untuk kerusakan hati.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan

Selain memiliki banyak kegunaan untuk kesehatan, jeruk nipis juga cukup banyak digunakan dalam dunia perawatan kecantikan, khususnya untuk perawatan kulit dan rambut. Hal ini karena kandungan asam alami yang tersimpan di dalamnya, terutama kandungan AHA-nya (alpha hydroxy acids).

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Wajah

Kandungan AHA dalam jeruk nipis sangat efektif untuk membantu pengelupasan kulit dan membersihkan sel-sel kulit mati dari wajah anda. Dengan kulit yang bersih, maka pori-pori anda dapat bernafas dengan lega.

Selain itu, hal ini juga akan mendorong terbentuknya sel kulit baru yang lebih sehat dan menjaga kulit tetap elastis. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa membersihkan kulit wajah dengan air jeruk nipis dikatakan dapat membantu mencerahkan wajah dan mengurangi masalah komedo serta jerawat. Oleskan air jeruk nipis ke kulit wajah dengan bantuan kapas, biarkan beberapa saat agar asam alami di dalamnya bekerja, lalu bilas bersih wajah anda dengan air biasa.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Rambut

Selain vitamin C yang melimpah, jeruk nipis juga memiliki kandungan vitamin B dan fosfor. Kombinasi dari zat-zat ini sangat baik untuk mencegah kerusakan rambut dan membantu meningkatkan pertumbuhan rambut karena memberikan nutrisi yang dibutuhkan folikel rambut.

Secara terperinci, kegunaan dari air jeruk nipis untuk rambut antara lain adalah untuk membantu mengatasi ketombe, menguatkan akar rambut dan mencegah kerontokkan, menghaluskan dan melembutkan rambut, serta membuat rambut terlihat indah berkilau.

Itulah tadi penjelasan lengkap mengenai manfaat dan khasiat jeruk nipis. Saya yakin beberapa diantaranya sudah anda ketahui, namun sebagian lainnya mungkin baru kali ini anda mendapatkan informasinya. Semoga artikel tentang salah satu manfaat buah diatas cukup bermanfaat bagi anda!