Informasi Kesehatan dan Kecantikan Populer

Manfaat Jus Wortel Yang Menakjubkan

Rabu, 24 Desember 2014

Manfaat Jus Wortel Yang Menakjubkan

Segelas jus wortel bukan hanya sekedar minuman pelepas dahaga yang terasa menyegarkan, tetapi itu akan memberikan banyak sekali keuntungan untuk kesehatan tubuh kita.

Kali ini saya akan membahas mengenai manfaat jus wortel, yaitu umbi akar berwarna oranye terang yang dimasukkan ke dalam kelompok sayuran dan memiliki rasa manis yang ringan. Bagi anda yang memiliki juicer dan menjalani pola diet sehat mungkin sudah terbiasa membuat jus wortel sendiri.

Namun jika tidak, anda tetap bisa mendapatkan jus wortel dengan mudah di kedai-kedai jus ataupun yang dalam kemasan siap minum di supermarket. Seperti yang telah Manfaat Untuk sampaikan dalam artikel sebelumnya (lihat Manfaat Wortel Bagi Kesehatan), sayur ini memiliki nilai gizi yang tinggi dan sangat baik untuk tubuh kita.

khasiat dan manfaat jus wortel untuk tubuh

Fakta Kandungan Gizi Jus Wortel

1. Kalori

Satu porsi jus wortel (satu cangkir takar) diketahui mengandung sekitar 80 kalori. Bagi mereka yang terbiasa menjalani pola asupan 2000 kalori per-hari, ini berarti bahwa secangkir jus wortel akan menyediakan sekitar 4% dari asupan kalori harian yang anda butuhkan.

Karena itu, jus wortel adalah pilihan alternatif yang sangat baik sebagai asupan cairan sebagaimana jus lainnya. Jika anda ingin membandingkan jus wortel dengan jus lainnya, maka untuk takaran yang sama, jus jeruk memiliki 113 kalori, sedangkan jus tomat mengandung sekitar 50 kalori.

2. Vitamin dan Mineral

Setiap cangkir jus wortel mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh untuk dicerna setiap hari.
  • Vitamin A. Bila anda meminum secangkir jus wortel, maka anda mengkonsumsi 340% dari dosis harian yang direkomendasikan untuk vitamin A.
  • Kalium. Untuk satu porsi jus wortel, anda akan mendapatkan 18% dari asupan kalium harian yang dianjurkan, selain itu anda juga mendapatkan 7% dari nilai harian zat besi yang direkomendasikan.
  • Vitamin C. Hanya 100g jus wortel saja dapat berisi sebanyak 3 miligram vitamin C, yaitu vitamin yang sangat penting bagi sistem kekebalan tubuh (baca Manfaat Vitamin C Bagi Tubuh).
  • Vitamin E. Anda juga akan mendapatkan 0,3 miligram vitamin E untuk setiap 100g jus sehat ini, yaitu vitamin yang sangat diperlukan untuk sintesis hormon dan menjaga sel-sel tetap sehat (lihat Manfaat Vitamin E Bagi Tubuh).
  • Vitamin B. Jus wortel juga merupakan sumber yang sangat baik untuk beberapa jenis vitamin B. 100g jus wortel segar mengandung 0,01 miligram vitamin B1 yang diperlukan bagi sistem saraf dan otak untuk dapat berfungsi dengan baik. Jus ini juga mengandung 0,02 miligram vitamin B2 yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata dan metabolisme tubuh.

3. Nutrisi Makro

Jus wortel juga merupakan sumber yang sangat hebat untuk sejumlah nutrisi makro yang sehat.
  • Lemak. Lemak merupakan salah satu nutrisi makro yang mudah sekali untuk kita konsumsi terlalu berlebihan, karena itu sangat baik bahwa jus wortel hanya mengandung 0,7 gram lemak untuk setiap satu cangkir porsinya.
  • Protein. Mayo Clinic menyarankan bahwa antara 10 hingga 35 persen dari asupan kalori harian sebaiknya berasal dari protein dengan variasi berbeda tergantung pada individunya. Dengan kandungan protein sekitar 1,3 gram per porsi, jus wortel menyediakan jumlah yang cukup rendah (dalam artian baik).
  • Karbohidrat. Kebanyakan menu makan harian harus memenuhi karbohidrat antara 225 hingga 325 gram, dan satu porsi jus wortel akan memberikan 18 gram karbohidrat bagi tubuh anda.

Beberapa Manfaat Jus Wortel

Berbagai manfaat penting jus wortel diketahui berasal dari kandungan karotenoid-nya yang tinggi.

1. Merangsang Nafsu Makan dan Meningkatkan Pencernaan

Bila anda mengkonsumsi jus wortel sekitar 20 menit sebelum makan besar, maka itu akan berfungsi menstimulasi sekresi dari cairan pencernaan tubuh anda, membuat nafsu makan anda bertambah.

Serat larut dalam wortel akan memberikan manfaat pada organ pencernaan anda dalam berbagai cara, sehingga sangat baik bagi pencernaan.

2. Meningkatkan Penglihatan

Kebanyakan orang sudah menyadari bahwa jus wortel dapat meningkatkan penglihatan, tetapi tidak tahu bagaimana cara kerjanya. Sayur wortel mengandung beta-karoten dan lutein, keduanya merupakan senyawa yang dapat ditemukan pada retina mata.

Senyawa-senyawa ini melindungi penglihatan, khususnya penglihatan pada malam hari. Hati akan mengubah beta-karoten menjadi vitamin A, kemudian senyawa tersebut masuk ke retina dan menjadi rhodopsin, yaitu zat yang diperlukan untuk kesehatan penglihatan pada malam hari.

3. Mencegah Kanker

Jus wortel mengandung karotenoid yang tinggi, dan ini telah dikaitkan dengan penurunan resiko kanker payudara pascamenopause hingga 20%. Beberapa penelitian juga menemukan manfaat jus wortel mampu menurunkan resiko terjadinya kanker laring, usus besar, prostat, leher rahim dan kandung kemih hingga 50%, juga penelitian lain yang menunjukkan hasil yang sama untuk kanker paru-paru. Para peneliti percaya jika efek ini disebabkan oleh kandungan xanthophylls, gamma-karoten, likopen, lutein, dan alpha-karoten dalam wortel.

4. Mengatur Gula Darah

Para peneliti percaya bahwa jus wortel juga dapat membantu mengatur kadar gula darah. Hal ini karena kandungan tinggi karotenoid di dalamnya, yang diketahui berbanding terbalik jika dikaitkan dengan kadar gula darah yang tinggi.

5. Meningkatkan Kesehatan Paru-Paru

Jus wortel sangat baik untuk meningkatkan kesehatan paru-paru, termasuk melindungi sistem pernafasan dari risiko infeksi dan untuk membantu melawan efek buruk akibat merokok. Hal ini diketahui karena jus wortel sangat kaya akan vitamin A yang dapat membantu mengurangi resiko emphysema, yang merupakan salah satu resiko terbesar bagi perokok.

6. Bermanfaat Bagi Kulit Anda

Kekurangan vitamin A diketahui dapat menyebabkan kerusakan dan kekeringan pada rambut, kuku dan kulit. Karena jus wortel tinggi akan kandungan vitamin A, maka ini dapat membantu mengatasi psoriasis dan masalah kulit kering lainnya.

7. Memperkaya Laktasi

Ibu menyusui juga harus mempertimbangkan manfaat dari jus wortel karena dapat membantu memperkaya air susu mereka. Sayuran ini juga dapat membantu pasokan kalsium selama kehamilan. Mengkonsumsi jus wortel merupakan cara terbaik untuk memastikan bayi yang menyusui mendapatkan kecukupan vitamin A.

8. Meningkatkan Fungsi Hati

Salah satu metode yang paling baik untuk mendetoksifikasi hati adalah dengan minum antara 2 hingga 3 gelas jus wortel setiap hari. Jumlah ini dapat menyebabkan kulit anda sedikit berwarna oranye karena empedu beracun yang sedang dibersihkan pada hati anda.

9. Manfaat Kesehatan Tambahan

Jus wortel juga dapat membantu menyeimbangkan keasaman darah, membantu membersihkan jerawat, melawan anemia, membantu mengatasi aterosklerosis, asma, kolesterol, sembelit, bisul dan retensi air.

Hal Yang Perlu Dipertimbangkan

Wortel yang lebih gelap mengandung lebih banyak karoten. Kebanyakan orang merasa cukup terkejut dan senang dengan rasa jus wortel yang manis, ini karena kadar gula alaminya yang memang cukup tinggi. Karena itu, para penderita diabetes harus meminta saran dari dokter mengenai seberapa banyak jus wortel yang boleh mereka konsumsi dalam diet mereka.

Bagaimana? Apakah anda sudah tertarik untuk mulai rutin mengkonsumsi jus wortel setelah mengetahui berbagai manfaat dan khasiatnya? Saya harap iya, karena saya sendiri rutin minum jus sehat ini 2 atau 3 kali seminggu. Selanjutnya jangan lewatkan untuk membaca Manfaat Wortel Untuk Kecantikan.