Informasi Kesehatan dan Kecantikan Populer

Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

Rabu, 24 Desember 2014

Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

Mengapa wortel yang merupakan jenis sayuran akar-akaran mendapatkan reputasi yang begitu baik untuk kesehatan kita?

Wortel seringkali dianggap sebagai sayuran yang sangat penting bagi kesehatan. Anda mungkin masih ingat saat ibu atau ayah anda mengatakan, "Wortelnya dimakan dong sayang..." atau “Wortelnya dihabisin dulu!”. Hal sama yang mungkin juga anda katakan kepada anak-anak anda. Dan jika ditanya alasannya, maka jawaban yang terlontar hanya, “Karena sayur wortel baik untuk kesehatan!”. Yah, manfaat wortel bagi kesehatan memang sangat beragam.

khasiat dan manfaat sayur wortel untuk kesehatan

Dipercaya bahwa wortel pertama kali dibudidayakan di wilayah yang sekarang dikenal sebagai Negara Afghanistan ribuan tahun yang lalu, sebagai umbi akar kecil bercabang berwarna ungu atau kuning dengan rasa yang pahit, sama sekali tidak mirip dengan wortel yang kita kenal saat ini.

Sebelum kemunculan wortel berwarna oranye yang umum kita ketahui (dikembangkan dan distabilkan oleh petani Belanda pada abad ke 16 dan 17), sayur wortel yang dibudidayakan zaman dahulu berwarna ungu, merah, kuning, dan putih. Wortel modern yang kita kenal sekarang telah dikembangkan sehingga menjadi lebih renyah, memiliki aroma wangi, dan terasa manis.

Kandungan Gizi / Nutrisi Wortel

Menurut United States Department of Agriculture, satu buah wortel ukuran sedang atau ½ cangkir wortel cincang dianggap sebagai ukuran 1 porsi. Satu porsi wortel diketahui memberikan sekitar 25 kalori, 6 gram karbohidrat, 3 gram gula, dan 1 gram protein.

Wortel diketahui merupakan sumber vitamin A yang sangat baik, memberikan 210% dari kebutuhan harian rata-rata bagi orang dewasa. Sayur wortel juga memberikan 6% dari kebutuhan harian vitamin C, 2% dari kebutuhan harian kalsium, dan 2% dari kebutuhan harian zat besi untuk per-porsinya.

Warna oranye terang pada wortel didapatkan dari kandungan betakaroten yang tinggi di dalamnya. Betakaroten adalah antioksidan yang diserap dalam usus dan diubah menjadi vitamin A selama proses pencernaan. Wortel juga mengandung serat, vitamin K, kalium, folat, mangan, fosfor, magnesium, vitamin E, dan seng.

Di beberapa toko khusus sayuran anda juga dapat menemukan wortel dalam berbagai warna - seperti ungu, kuning, dan merah - yang mengandung berbagai jenis antioksidan tergantung dari warnanya (seperti antosianin dalam wortel ungu dan likopen dalam wortel merah).

Khasiat Penting Wortel Untuk Kesehatan

Banyak bukti yang menunjukkan bahwa meningkatkan asupan buah dan sayuran yang kaya akan antioksidan dapat mengurangi resiko kanker dan penyakit kardiovaskular, dan wortel termasuk di dalamnya. Berbagai makanan tinggi karotenoid telah terbukti memiliki efek anti-kanker karena kekuatan antioksidan di dalamnya efektif mengurangi radikal bebas dalam tubuh.

Konsumsi Wortel Untuk Mencegah Kanker

  • Kanker Paru-Paru: Sebuah penelitian menemukan bahwa perokok yang tidak mengkonsumsi wortel memiliki 3 kali resiko lebih tinggi terkena kanker paru-paru dibandingkan dengan mereka yang makan wortel lebih dari 1 kali dalam seminggu.
  • Kanker Kolorektal: Konsumsi beta-karoten telah terbukti memiliki hubungan terbalik dengan perkembangan kanker usus besar dalam populasi masyarakat Jepang.
  • Leukemia: Dalam penelitian yang dilakukan pada tahun 2011, ditemukan bahwa ekstrak jus wortel terbukti dapat membunuh sel-sel leukemia dan menghambat perkembangannya.
  • Kanker Prostat: Bagi pria-pria yang masih muda, mengkonsumsi makanan yang kaya beta-karoten dapat memberikan proteksi efektif terhadap kanker prostat. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health's Department of Nutrition.

Wortel Baik Untuk Kesehatan Mata

Penglihatan: Menurut seorang ahli dokter mata Jill Koury, MD, kekurangan vitamin A dapat menyebabkan bagian luar fotoreseptor mata memburuk, dan ini merusak penglihatan normal. Karena itu, mencukupi kekurangan vitamin A dengan makanan yang tinggi beta-karoten akan mengembalikan penglihatan menjadi normal.

Penelitian tersebut menegaskan bahwa mengkonsumsi wortel saja tidak akan secara signifikan memberikan perubahan yang positif bagi penglihatan, kecuali hanya bagi mereka yang memang terbukti mengalami kekurangan vitamin A, yang memang umum dialami masyarakat di negara-negara berkembang seperti Indonesia.

Tahukah anda darimana rumor bahwa makan wortel menyehatkan mata dan membuat penglihatan menjadi tajam berasal?
Selama Perang Dunia II, Angkatan Udara Kerajaan Inggris memulai kampanye iklan yang mengklaim bahwa rahasia dari pilot pesawat tempur mereka memiliki penglihatan yang jelas dan tajam adalah karena memakan wortel. Faktanya, akurasi tempur para pilot tersebut adalah karena sistem radar terbaru, dan Inggris ingin menjaga rahasia tersebut dari Jerman. Rumor inilah yang menyebar dan tetap populer hingga saat ini.

Manfaat sayur wortel lainnya: Antioksidan dan fitokimia pada wortel juga dapat membantu regulasi gula darah, menunda efek penuaan, dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Memasukkan Wortel Dalam Menu Diet Anda

beragam antioksidan dalam wortel
Sayur wortel bisa didapatkan di supermarket dan pasar-pasar tradisional sepanjang tahun, walau tetap musim panen raya terjadi 2 kali dalam setahun. Wortel adalah sayur serbaguna yang biasanya dimakan mentah, dikukus, direbus, dipanggang, dan sebagai bahan dalam berbagai jenis masakan serta minuman. Anda bisa membelinya dalam bentuk segar, beku, kalengan, atau bahkan acar.

Cara terbaik untuk menyimpan wortel adalah dengan disimpan dalam lemari es menggunakan kantong plastik tertutup. Jika masih ada bagian hijau (batang daun) yang melekat pada bagian atas wortel, maka potong atau bersihkan dulu bagian tersebut sebelum menyimpannya. Hal ini untuk mencegah bagian tersebut menyerap kelembaban dan nutrisi yang terkandung dalam wortel. Ingat! Wortel harus dikupas dan dicuci dulu sebelum dikonsumsi.
  • Anda bisa memarut (memasrah) wortel dan menggunakannya dalam coleslaw, sebagai campuran salad, sebagai pembungkus, atau sebagai bahan dalam makanan yang dipanggang seperti kue dan muffin karena rasanya yang manis.
  • Stick wortel atau baby carrots bisa dijadikan camilan yang sehat dan seringkali populer untuk dips herbed dan hummus serta variasi dalam sayuran nampan.
  • Wortel merupakan sayuran yang sangat populer untuk dijadikan jus karena rasa manisnya yang ringan.
  • Makan wortel dalam keadaan mentah atau dikukus untuk mendapatkan nilai gizi yang paling optimal.

Hal Yang Perlu Diperhatikan

Kelebihan vitamin A bisa menjadi racun bagi manusia, namun hal ini tidak mungkin terjadi dengan hanya mengkonsumsi makanan  saja (biasanya hal tersebut terjadi akibat konsumsi suplemen).

Kelebihan karoten dapat menyebabkan warna kulit sedikit memiliki semburat warna oranye, tetapi hal ini tidaklah berbahaya bagi kesehatan.

Semoga penjelasan yang telah blog Manfaat Untuk berikan mengenai segala manfaat wortel bagi kesehatan diatas cukup untuk membuat anda menjadi lebih rutin mengkonsumsi sayuran yang kaya khasiat ini. Selanjutnya anda juga bisa membaca Manfaat Jus Wortel Yang Menakjubkan dan Manfaat Wortel Untuk Kecantikan.

1 komentar:

dimana bisa mendapatka wortel ungu ini di Bogor?
atau yang terdekat?
Terimakasih

Reply