Informasi Kesehatan dan Kecantikan Populer

Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Tubuh

Jumat, 01 Agustus 2014

Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Tubuh

Semakin banyaknya masyarakat yang mengikuti kelas-kelas senam yoga tentu bukanlah tanpa sebab. Lihat alasan mengapa olahraga senam yoga menjadi semakin populer belakangan ini!

Berbicara mengenai manfaat yoga, maka ada banyak sekali keuntungan yang bisa anda peroleh jika melakukannya secara rutin dan teratur. Berdasarkan banyak literatur yang telah diterbitkan, kegunaan senam yoga mencakup berbagai masalah fisik, emosional, dan kesehatan secara umum.

Dalam artikel ini, Manfaat Untuk akan menjelaskan bagaimana berlatih yoga secara teratur dapat membantu anda tidak hanya dapat tidur lebih nyenyak, namun juga untuk menjaga berat badan, meredakan nyeri punggung, dan membantu mengatasi stres. Berikut adalah 18 manfaat olahraga yoga yang cukup penting dan harus anda ketahui.

manfaat melakukan olahraga senam yoga

Manfaat Senam Yoga

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Dengan bertambahnya jumlah penderita insomnia (dalam berbagai tingkatan) di kalangan masyarakat kita, senam yoga menawarkan solusi yang nyata untuk mengatasinya. Melakukan yoga beberapa kali seminggu benar-benar dapat membantu anda untuk dapat tidur lebih baik.

2. Memperbaiki Postur Tubuh

Karena yoga memperkuat bagian sentral tubuh, maka anda akan melihat jika postur tubuh anda akan menjadi lebih baik setelah berlatih yoga selama beberapa minggu. Anda akan berjalan dengan penuh percaya diri dengan postur tubuh yang lebih menarik.

3. Meredakan Stres

Salah satu manfaat utama dari melakukan yoga adalah, jika anda berlatih yoga secara teratur, maka itu sangat efektif untuk mengatasi stres. Manfaat gerakan yoga yang memaksa anda untuk menjernihkan pikiran serta fokus pada tubuh dan pernapasan akan membuat reaksi stres berkurang, bahkan setelah anda selesai berlatih.

4. Menjaga Berat Badan

Yoga untuk menurunkan berat badan adalah sebuah fakta jika dikombinasikan dengan diet sehat dan bagian dari program olahraga yang teratur. Dan tidak hanya sampai disitu, selain membantu menguruskan badan, senam yoga juga membantu mempertahankan berat badan anda tetap ideal.

5. Mengencangkan Otot

Selain membantu mencapai berat badan ideal dan mempertahankannya, gerakan senam yoga juga dapat membantu anda membangun otot lebih bersih bebas lemak. Jadi tidak akan membuatnya menjadi besar, namun akan membuat otot tubuh anda terlihat lebih kencang dan kering.

6. Aman Bagi Siapa Saja

Yoga adalah latihan berdampak rendah (low impact), yang berarti baik dan aman untuk siapa saja yang memiliki masalah sendi, termasuk mereka yang sudah tua. Memang beberapa gerakan pada level atas terlihat cukup susah dan berat, namun anda dapat memilih untuk mengikuti kelas pemula saja.

7. Menajamkan Mental

Melakukan latihan yoga secara teratur telah terbukti dapat membantu meningkatkan memori dan konsentrasi. Bahkan dalam studi terbaru, senam yoga terbukti bisa membantu mencegah dan mengobati penyakit Alzheimer. Luar biasa bukan?

8. Pelengkap Latihan Rutin Anda

Setiap latihan rutin yang baik haruslah menyertakan latihan kardio, latihan beban, melompat, dan melakukan peregangan. Yoga adalah tambahan yang sempurna untuk mengisi bagian "peregangan", dan juga dapat dihitung sebagai latihan kardio.

9. Menjaga Keseimbangan

Jika anda menderita masalah keseimbangan, baik akibat gangguan telinga bagian dalam atau yang lainnya, melakukan latihan yoga dapat membantu anda mengatasi hal itu.

10. Mengatasi Sakit Punggung

Melakukan latihan yoga untuk sakit punggung sudah dibuktikan melalui penelitian medis. Bahkan disebutkan bahwa berlatih yoga secara teratur dapat lebih efektif daripada mengkonsumsi obat-obatan pereda nyeri dan sakit punggung.

11. Membentuk Pantat

Siapa yang tidak ingin memiliki bentuk pantat yang membulat dan padat? Latihan yoga secara rutin dapat membantu anda untuk mendapatkan hal itu.

12. Dapat Dilakukan Dimana Saja

Cukup mengetahui beberapa gerakan dasar, dan anda dapat berlatih yoga hampir di mana saja, baik sendiri ataupun dengan orang lain. Namun sesekali anda tetap masih membutuhkan kelas terstruktur untuk meningkatkan kemampuan anda.

13. Membantu Membentuk Tubuh

Manfaat yoga untuk menurunkan berat badan sudah dijelaskan di atas, namun selain itu, latihan yoga secara teratur juga dapat membantu anda membentuk lengan dan kaki menjadi terlihat lebih cantik dan menarik.

14. Meningkatkan Energi

Seperti melakukan latihan lainnya, melakukan yoga secara teratur dapat membuat anda lebih berenergi dan tidak cepat merasa lelah.

15. Membantu Mengatasi Masalah Asma

Keuntungan yoga untuk kesehatan yang cukup banyak mendapat perhatian adalah fakta bahwa hal itu dapat membantu mengatasi masalah-masalah pernapasan, seperti CPOD atau asma. Namun anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai melakukan yoga.

17. Meningkatkan Imunitas

Tidak banyak orang yang mengetahui jika manfaat lain dari yoga adalah dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dan itu jauh lebih menyenangkan daripada harus mendapatkan vaksinasi flu.

18. Mencegah Osteoporosis

Karena beberapa gerakan dari yoga termasuk latihan menahan beban, maka ini juga dapat membantu mencegah osteoporosis. Inilah alasan mengapa wanita sangat cocok untuk mengikuti kelas yoga, karena penyakit tulang rapuh ini memang sangat rentan bagi kaum hawa.

Artikel terkait untuk mencegah osteoporosis, lihat:


Dengan begitu banyaknya manfaat yoga untuk kesehatan tubuh, rasanya sayang sekali bagi anda yang memang peduli dengan pola hidup sehat untuk melewatkannya. Tidak ada salahnya mengikuti kelas yoga 1 atau 2 kali seminggu. Percayalah, anda akan merasa lebih baik setelah melakukannya. Cobalah!!