Informasi Kesehatan dan Kecantikan Populer

Manfaat Vitamin C Untuk Kesehatan

Selasa, 01 Juli 2014

Manfaat Vitamin C Untuk Kesehatan

Ketahui secara lengkap mengenai segala manfaat dan khasiat vitamin C bagi perawatan kesehatan tubuh anda yang sangat penting.

Pada artikel utama mengenai vitamin ini, Manfaat Untuk sudah menjabarkan poin-poin penting mengenai khasiat vitamin C bagi kesehatan tubuh seseorang (lihat Manfaat Vitamin C Bagi Tubuh). Namun pembahasan tersebut tidak disertai dengan penjelasan yang lebih detail mengenai fungsi-fungsi vitamin ini dalam hubungannya untuk menjaga kesehatan.

Karena itu, saya ingin menambahkan artikel tersebut dengan keterangan yang lebih lengkap, khususnya mengenai manfaat vitamin C untuk kesehatan. Jadi anda bisa menjadi semakin paham tentang segala hal yang berkaitan dengan vitamin C, dan mengapa anda perlu mengkonsumsinya setiap hari.

khasiat dan manfaat vit c untuk kesehatan tubuh

Kegunaan Vitamin C Bagi Kesehatan Tubuh

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Vitamin C berfungsi melindungi tubuh kita dari infeksi dan menjaga kesehatan tulang serta gigi. Vitamin ini juga meningkatkan kemampuan tubuh kita dalam menyembuhkan luka dan membuat kita kebal terhadap bakteri, virus, dan infeksi.

Menyembuhkan Influenza

Vitamin C membantu mengurangi keparahan gejala flu dan bertindak sebagai antihistamin yang efektif dalam mengurangi efek tidak menyenangkan dari gejala flu seperti peradangan, pilek, dan sakit kepala. Selain itu, vitamin ini juga dapat mengatasi alergi yang menyebabkan flu, serta mengurangi tingkat histamin dan memperpendek durasi influenza.

Sebagai Antioksidan

Vitamin C adalah antioksidan yang kuat dan sangat efektif dalam melindungi tubuh kita dari radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif, yaitu kondisi yang dapat menyebabkan sejumlah masalah medis parah seperti aterosklerosis (penyebab penyakit jantung dan stroke).

Mengatasi Hipertensi

Vitamin C terbukti mampu menurunkan tekanan darah dan mengurangi kemungkinan terjadinya hipertensi, serta masalah kesehatan serius lainnya yang biasa menyertai penyakit tekanan darah tinggi.

Menyehatkan Pembuluh Darah

Vitamin C juga memastikan lebar pembuluh darah tetap sesuai, dan ini membantu melindungi kita dari penyakit tertentu seperti aterosklerosis, kolesterol tinggi, gagal jantung, dan nyeri dada yang parah.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Makan atau minum jus buah-buahan yang tinggi vitamin C terbukti dapat membantu mengurangi lemak dan menjaga berat badan tetap ideal.

Ahli diet dan ahli gizi selalu menyertakan konsumsi buah serta sayuran kaya vitamin C dalam daftar diet, hal ini karena bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa konsumsi makanan yang kaya vitamin C secara teratur memang membantu menurunkan berat badan secara signifikan.

Makan buah-buahan yang kaya vitamin C akan menurunkan insulin, sehingga tubuh tidak menyimpan dan mengkonversi gula menjadi lemak, melainkan menggunakannya sebagai bahan bakar yang membantu penurunan berat badan.

Mengatasi Keracunan Timbal

Vitamin C bermanfaat untuk menurunkan tingkat timbal dalam darah kita secara signifikan. Keracunan timbal sendiri diketahui bisa menyebabkan berbagai masalah perilaku dan perkembangan mental, khususnya bagi anak-anak yang tinggal di daerah perkotaan.

Hal ini mengakibatkan ketidakmampuan belajar, menurunkan IQ, dan menghambat pertumbuhan tubuh pada anak-anak. Bagi orang dewasa, keracunan timbal mengakibatkan kerusakan ginjal dan penyakit tekanan darah tinggi.

Mengurangi Stres

Vitamin C dapat membantu tubuh kita untuk mengatasi stres dengan mengurangi kadar stres, kadar hormon, dan kortisol.

Mencegah Katarak

Pupil mata sangat membutuhkan vitamin C untuk berfungsi dengan baik. Kekurangan vitamin C diketahui dapat menyebabkan katarak, dimana lensa mata menjadi buram sehingga pandangan menjadi kabur, dan ujungnya adalah kebutaan pada orang dewasa. Karena itu, asupan vitamin C tinggi sangat penting untuk mencegah katarak, serta membantu meningkatkan aliran darah ke mata.

Mencegah Kanker

Sifat antioksidan pada vitamin C dapat melindungi sel dari kerusakan DNA dan terjadinya mutasi. Karenanya, ini dapat membantu mencegah berkembangnya penyakit kanker. Vitamin ini akan mendukung sistem kekebalan tubuh dan mencegah beberapa bentuk sel kanker tertentu untuk tumbuh.

Beberapa resiko jenis kanker yang dapat dicegah antara lain  termasuk kanker paru-paru, mulut, tenggorokan, usus, lambung, dan kerongkongan. Selain itu, vitamin C juga membantu meregenerasi vitamin E (salah satu antioksidan kuat lainnya). Memang vitamin ini tidak secara langsung menyerang sel kanker, namun akan menutrisi sistem kekebalan tubuh dan memungkinkannya untuk terus melawan sel kanker.

Mencegah Penyakit Jantung

Vitamin C dapat mencegah penyakit jantung karena menghalangi radikal bebas dalam merusak dinding arteri yang menyebabkan terbentuknya plak. Vitamin ini juga mencegah kolesterol untuk beroksidasi, sehingga anda terhindar dari resiko terkena stroke. Masalah tekanan darah tinggi juga dapat diatasi dengan konsumsi vitamin C.

Mendapatkan asupan yang cukup akan vitamin ini adalah cara termudah dan termurah dalam mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke.