Informasi Kesehatan dan Kecantikan Populer

Manfaat Buah Naga Merah Dan Putih

Selasa, 01 Juli 2014

Manfaat Buah Naga Merah Dan Putih

Ketahui berbagai khasiat serta manfaat dari jenis buah naga merah dan putih bagi kesehatan dan kecantikan tubuh, juga kandungan & kegunaannya bagi ibu hamil, dll.

Buah naga adalah buah yang berasal dari tanaman sejenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus.

Saat ini masyarakat kita sudah terbiasa menemukan buah ini, tidak hanya di supermarket-supermarket, tapi juga di pasar-pasar tradisional, khususnya saat sedang musim panen raya.

Mengenai manfaat buah naga sendiri, sudah cukup banyak literatur kesehatan yang menerangkannya, dan ini berdasarkan penelitian-penelitian dari berbagai laboratorium di dunia. Manfaat Untuk sengaja merangkum itu semua dalam artikel buah naga kali ini untuk mempermudah anda mendapatkan informasi lengkap di satu tempat.

manfaat buah naga merah dan putih untuk kesehatan

Hingga saat ini setidaknya ada 3 jenis buah naga yang dibudidayakan secara komersial, yaitu buah naga dengan kulit kuning dan isi daging buah putih, serta buah naga berkulit merah dengan daging buah berwarna putih atau merah.

Namun yang paling banyak kita temui di pasaran adalah buah naga yang mempunyai kulit buah berwarna merah. Secara umum, manfaat buah naga merah dan manfaat buah naga putih tidaklah jauh berbeda. Tapi secara fisik buah naga merah memang memiliki aroma yang lebih wangi dan rasa yang lebih manis, selain dikatakan jika kandungan antioksidannya juga lebih tinggi sedikit.

Di Indonesia, daerah-daerah yang membudidayakan buah naga antara lain adalah Malang, Mojokerto, Pasuruan, Banyuwangi, Jember, Ponorogo, dan Batam.

Kandungan Buah Naga

Jika membahas kandungan gizi atau nutrisi pada buah naga, maka kita harus memisahkanya menjadi 2 kelompok, yaitu kandungan nutrisi makro dan kandungan nutrisi mikronya.

Nutrisi Makro Buah Naga

Buah naga diketahui mengandung sekitar 60 kalori untuk setiap 100 gr daging buahnya (1 porsi). Dan kandungan nutrisi makro yang tersimpan dalam buah ini untuk setiap porsinya adalah serat (1 gr), karbohidrat (9 gr) yang mayoritas berasal dari kandungan gula alaminya, dan asam lemak tak jenuh tunggal yang berasal dari biji-biji kecil dalam buah ini. Selain itu, buah naga juga diketahui mengandung sejumlah kecil protein dan dikatakan bebas kolesterol.

Nutrisi Mikro Buah Naga

Yang termasuk nutrisi mikro pada buah naga adalah kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang memang dapat dikatakan istimewa. Jika mengacu pada data yang dikeluarkan oleh USDA, maka kandungan nutrisi mikro pada buah ini untuk setiap porsinya adalah vitamin A (0,012 mg) yang tersimpan dalam bentuk karoten, vitamin B2 (0,045 mg), vitamin B3 (0,430 mg), sejumlah kecil vitamin B1, vitamin C (9 mg) yang tersimpan dalam bentuk asam askorbat, kalsium (8,8 gr), fosfor (36,1 mg), zat besi (0,65 mg), sejumlah kecil kalium, magnesium, serta kromium, serta beberapa antioksidan penting.

Artikel lengkap mengenai manfaat vitamin, lihat:

Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan

Jika melihat data kandungan buah naga yang luar biasa dan beberapa hasil ujicoba serta penelitian yang pernah dilakukan, maka khasiat buah naga untuk kesehatan antara lain adalah:
1. Menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit, ini karena kandungan serat dalam buah naga yang cukup tinggi. Hal ini juga membantu menjaga dan memperbaiki nafsu makan.

2. Menjaga kesehatan jantung. Kandungan berbagai jenis keluarga vitamin B dalam buah naga sangat membantu menurunkan tingkat kolesterol jahat (LDL) dalam darah dan menurunkan tekanan darah.

3. Membuat tubuh tetap bugar dan fit. Ini masih berhubungan dengan kehadiran berbagai vitamin B yang juga berfungsi membantu proses metabolisme karbohidrat menjadi energi.

4. Menjaga kesehatan mata dan meningkatkan memori otak. Hal ini sangat berkaitan dengan kandungan vitamin A yang cukup tinggi dalam buah naga.

5. Memperkuat tulang dan gigi, membantu pembentukan jaringan baru, dan membantu tumbuh kembang anak-anak. Berbagai kandungan mineral dalam buah naga dikatakan memiliki korelasi langsung terhadap hal ini.

6. Baik untuk penderita diabetes, karena kandungan serat dalam buah naga juga mampu menurunkan atau menetralkan kadar gula darah.

7. Mencegah penyakit kanker. Buah naga diketahui memiliki kandungan sejumlah antioksidan yang cukup tinggi, khususnya fitoalbumin. Senyawa ini adalah antioksdan yang menjaga sel dan DNA dari kerusakan akibat radikal bebas.

8. Khusus mengenai manfaat buah naga bagi ibu hamil, ini adalah buah yang sangat direkomedasikan oleh para pakar, karena kandungan gizinya dikatakan setara dengan buah apel. Konsumsi buah naga pada ibu hamil dapat membantu mencegah cacat syaraf pada bayi (karena kandungan asam folatnya), membantu pembentukan tulang pada janin, mencegah rasa kelelahan, dan meningkatkan daya tahan tubuh wanita hamil terhadap serangan penyakit.

Khasiat Buah Naga Untuk Kecantikan

Selain baik bagi kesehatan tubuh, buah naga juga sangat berguna untuk merawat kecantikan, khususnya kecantikan kulit. Fungsi buah naga bagi perawatan kulit, antara lain:
  • Membantu melembutkan dan menghaluskan kulit dari dalam.
  • Membantu mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit.
  • Mencegah terjadinya penuaan dini, khususnya pada anda yang hidup di kota besar yang penuh polusi. Anda bisa membuat masker wajah alami dari buah naga.
  • Membantu melembabkan dan membuat kulit menjadi kenyal.
  • Mengatasi kulit yang terbakar sinar matahari.
Itulah tadi berbagai kegunaan buah naga, baik untuk kesehatan maupun kecantikan anda. Selain dapat dimakan langsung, anda bisa mencampur buah naga dalam salad dan es buah, atau juga bisa menjadikannya sebagai bahan sorbet dan jus buah naga. Semoga artikel manfaat buah naga merah dan putih ini dapat memberikan banyak masukan bagi para pembaca sekalian!